Pertanyaan Umum Seputar Sabun Handmade Natural

By | 11:21 AM Leave a Comment
Halo Pembaca,

Masih belum terlalu banyak yang mengetahui tentang sabun handmade dan cara pembuatannya. Pada awal menulis blog, ada dibahas tentang metode pembuatan sabun handmade dan tahap-tahap membuat sabun proses dingin (cold process). Pembuatan sabun handmade tidak sulit, apalagi dengan metode lelehkan dan tuang (melt and pour), kita bahkan bisa mengikut sertakan anak-anak untuk membuat sabun bersama.
Untuk membantu agar bisa mengenal sabun handmade natural, berikut adalah tanya jawab yang belakangan ini sering saya dapat dari pelanggan.

Q: Apakah sabun natural bisa dipakai untuk wajah?
A: Ya, bisa. Sabun natural bahkan bisa dipakai untuk anak-anak.

Q: Mengapa menggunakan soda api? Bukankah sabun dengan bahan soda api tidak baik?
A: Pembuatan sabun dengan cold process dan hot process semuanya membutuhkan soda api. Karena bahan dasarnya berupa minyak, maka tanpa soda api minyak tidak akan bisa berubah menjadi sabun. Dibutuhkan senyawa antara minyak dan soda api untuk menjadi sabun, setelah senyawa tersebut selesai, sabun yang dihasilkan sama sekali tidak mengandung soda api lagi.

Q: Apa yang dimaksud dengan masa curing?
A: Masa dimana terjadi senyawa antara soda api dengan minyak menjadi sabun dan masa penguapan kadar air dalam sabun agar sabun menjadi keras dan awet saat dipakai. Semakin lama masa curing, sabun yang dihasilkan semakin keras dan awet saat dipakai.

Q: Apakah sabun natural bisa untuk mencuci rambut?
A: Pada dasarnya bisa, tetapi sabun natural yang dibuat untuk tubuh dan wajah sebaiknya jangan digunakan untuk rambut, karena kebutuhan rambut dengan kulit tidak sama. Lebih baik cari sabun natural yang komposisi bahannya dibuat khusus untuk mencuci rambut.

Jika ada pertanyaan lain silahkan tuliskan dalam komen dibawah, saya akan coba untuk menjawab dan memberi penjelasan ^^

0 Comment:

Post a Comment