Membuat Sabun Dengan 100% Lemon Asli dan Menjawab Penggunaan Soda Api Dalam Sabun

By | 12:20 PM 3 comments
Halo Pembaca,

Dalam tulisan saya yang sebelumnya ada banyak disebutkan bahwa buah lemon memiliki banyak sekali manfaat utuk kulit kita. Dengan kandungan vitamin C-nya lemon mampu mencerahkan kulit, menghilangkan noda hitam bekas jerawat, mengurangi dan mengontrol minyak berlebih pada kulit. Jika demikian saya pernah berpikir untuk membuat sabun natural menggunakan lemon, dengan demikian semua kebaikan dari lemon bisa didapat dari sabun lemon tersebut. Tetapi setelah saya browsing di youtube, ternyata sudah ada yang pernah bereksperimen membuat sabun dengan menggunakan semua bagian dari lemon (biar ngga rugi mungkin yah maksudnya hehehe...)


Mari kita mulai lihat proses pembuatannya:


Siapkan 2 buah lemon segar.



Pisahkan semua bagian dari lemon. Parut kulit luar lemon lalu pisahkan. Peras air lemon, saring airnya dan campurkan daging lemon dengan bijinya. Terakhir adalah bagian dalam kulit lemon.



Masukkan juice lemon dan bagian lemon lain (kecuali kulit luar lemon) yang sudah dihancurkan kedalam cetakan es untuk dibekukan. Semua ini dibekukan agar saat dicampur dengan soda api, kadar gula dalam lemon tidak terbakar dan menimbulkan bau tidak sedap.



Setelah semuanya membeku campurkan dengan soda api.



Setelah itu masukkan parutan kulit luar lemon yang sudah direndam dengan minyak zaitun ke dalam minyak.



Masukkan campuran lemon soda api kedalam minyak.



Blender dengan hingga semuanya tercampur rata



Setelah semuanya tercampur tuangkan adonan sabun kedalam cetakan.



Setelah 24 jam, ternyata sabun tidak membentuk. Masih tetap lembek dan mengental seperti mayonaise.

Apa yang salah dalam pembuatan sabun ini? Padahal bahan-bahan dasar yang digunakan tidak aneh dan cara pembuatan juga sudah benar.

Masalah utamanya adalah "LEMON".

Lemon memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi sedangkan soda api bersifat basa, oleh karena itu sifat basa soda api dinetralisir oleh asam lemon sehingga soda api tidak memiliki kemampuan untuk bersenyawa dengan minyak menjadi sabun.

Banyak yang menanyakan sabun dengan soda api apakah tidak berbahaya untuk kulit dan bisakah membuat sabun tanpa soda api? Melalui artikel ini, bisa diketahui bahwa tanpa soda api tidak mungkin terbentuk sabun yang natural. Untuk sabun gliserin sekalipun, sabun dasarnya juga dibuat dengan soda api. Kandungan soda api dalam sabun pun akan hilang sepenuhnya apabila senyawa soda api dengan minyak sudah 100% selesai, dan waktu senyawa tersebut paling cepat adalah 2-3 hari setelah sabun selesai dibuat. Sedangkan batas aman untuk digunakan adalah 4 minggu setelah sabun selesai dibuat.


Semoga bisa bermanfaat ^^

Ditunggu komen dan sarannya~



3 comments: Leave Your Comments

  1. Itu takarannya berapa berapa ya minyaknya?

    ReplyDelete
  2. wajib 40 hari yaa... nunggu nya lama donk? bisa paling cepat berapa hari...

    ReplyDelete