4 Masker Alami Untuk Mengecilkan Pori-pori

Halo Pembaca,

Memiliki kulit dengan pori-pori besar tentunya sangat mempengaruhi penampilan, selain penampilannya yang mirip dengan kulit jeruk, juga dengan terbukanya pori-pori kulit permukaan kulit akan menjadi tidak rata, muncul banyak minyak, membuat kulit tampak kusam. Kulit dengan pori-pori besar memiliki juga lebih sulit untuk dioleskan make up. Disamping itu, pori-pori besar membuat peluang munculnya komedo, baik whiteheads maupun blackhead, akan lebih besar.

perawatan kulit natural alami mengecilkan pori-pori

Kali ini saya akan berbagi tips mengecilkan pori-pori kulit, yang alami tentunya, untuk digunakan sebagai perawatan mingguan. Tips ini saya dapat dari sebuah website kecantikan yaitu StyleCraze. Mari langsung saja kita mulai:

1. Masker Bubuk Kacang Chickpea dan Kunyit


perawatan kulit natural alami mengecilkan pori-pori

Kacang chickpea ini berbentuk mirip dengan kemiri, memang jarang dikenal di Indonesia, tetapi masih bisa ditemukan di pasar (dalam bentuk kering) atau di supermarket.

Untuk membuat masker ini, campurkan:
1 sendok makan bubuk kacang chickpea
1/2 sendok makan bubuk kunyit
1 sendok makan tahu susu (curd)
1 tetes minyak zaitun

Aduk-aduk hingga merata semua bahan-bahan diatas, lalu masukkan dalam kulkas selama 20 menit. Bilas wajah dengan air, agar minyak yang menempel terkikis sebagian, lalu oleskan masker ini pada wajah, diamkan selama 25 menit dan bersihkan dengan air. Setelah itu oleskan es batu pada seluruh bagian kulit dan oleskan pelembab setelahnya.
Gunakan masker ini 2-3x seminggu secara teratur, dan Anda akan melihat perbedaannya setelah penggunaan selama 2 bulan.

2. Masker Madu dan Lemon


perawatan kulit natural alami mengecilkan pori-pori

Madu dan lemon sudah sering dijadikan sebagai masker alami untuk kulit. Dimana madu dapat bermanfaat sebagai pelembab kulit, dan anti mikrobanya dapat bermanfaat sebagai penangkal jerawat dan kotoran penyebab komedo. Sedangkan jus lemon memiliki kandungan zat astrigent yang dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit.

Masker ini cukup mudah pembuatannya, cukup siapkan:
1 sendok makan madu
1/2 sendok makan jus lemon
1 sendok teh gula pasir

Aduk rata bahan-bahan tersebut, lalu oleskan pada wajah sambil dipijat pelan dengan gerakan melingkar. Setelah semuanya merata, diamkan selama 5-10 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Jangan gunakan handuk untuk membersihkan masker tersebut, agar tidak tertinggal pada pori-pori.
Gunakan masker ini 2-3x seminggu secara teratur.

3. Masker Jus Tomat


perawatan kulit natural alami mengecilkan pori-pori


Seperti lemon, tomat juga memiliki kandungan zat astrigent yang dapat membantu mengecilkan pori-pori. Selain itu tomat juga kaya akan vitamin A dan C dan antioksidan. Vitamin C pada tomat dapat bekerja sangat baik untuk pori-pori dengan jerawat besar.

Untuk membuat masker ini cukup campurkan 1,5 sendok makan jus tomat dan 1/2 sendok makan bubuk rumput laut. Aduk rata bahan-bahan tersebut, lalu oleskan pada kertas masker atau kapas dan tempelkan pada wajah, diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.
Jika bubuk rumput laut sulit untuk ditemukan, ganti dengan 1/2 sendok teh bubuk cendana (sandalwood) dan 1/2 sendok teh bubuk kunyit.
Gunakan masker ini 2-3x seminggu secara teratur.

4. Masker Green Tea


perawatan kulit natural alami mengecilkan pori-pori

Green tea atau teh hijau banyak diketahui manfaatnya untuk perawatan kecantikan kulit. Kandungan tannin pada teh hijau bermanfaat sebagai antioksidan untuk membersihkan zat radikal jahat, membantu mengatasi iritasi kulit dan membantu mengecilkan pori-pori kulit.

Masker ini membutuhkan:
1 sendok teh bubuk teh hijau
3 sendok makan air
1 butir putih telur
2 sendok teh tepung

Aduk-aduk hingga merata, dan oleskan masker pada kulit. Diamkan selama 10 menit atau hingga masker mengering. Lalu bilas dengan air hangat, lalu tutup dengan air dingin.
Gunakan masker ini 2-3x seminggu secara teratur.

Semoga tips kali ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba ~~
Ditunggu komen dan sarannya ^^

Post a Comment

Previous Post Next Post