Perhatikan Penggunaan Essential Oil Untuk Bayi dan Anak-anak

By | 12:12 PM Leave a Comment
Halo Pembaca,

Kemarin kita telah membahas tentang essential oil yang aman dan cocok untuk bayi dan anak-anak usia 1 bulan hingga dibawah 6 tahun. Dari semua minyak esensial yang sudah disebutkan, tidak menutup kemungkinan terjadinya iritasi atau alergi setelah pemakaian. Jika kulit anak tergolong sensitif dan mudah iritasi, sebaiknya hindari penggunaan minyak esensial pada kulit, dibatasi hanya untuk pemakaian aromaterapy saja dan jenis minyak esensial yang digunakan adalah Lavender dan Chamomile.

perawatan natural minyak esensial bayi dan anak-anak

Minyak esensial merupakan ekstrak murni dari tanaman, sehingga dapat sangat menyengat pada kulit yang rapuh dan sensitif. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, akan membicarakan tentang beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan minyak esensial untuk bayi dan anak-anak:


perawatan natural minyak esensial bayi dan anak-anak

1. Penggunaan arometerapy untuk bayi usia dibawah 3 bulan, sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter atau pakar khusus, karena bayi usia diabwah 3 bulan masih dalam tahap penyesuaian dengan dunia luar.
2. Pastikan minyak esensial yang dipakai murni dan alami, bukan minyak pewangi atau minyak sintetis lain yang tidak membawa manfaat bagi kesehatan.
3. Untuk bayi dibawah usia 1-2 tahun, gunakan 1% minyak esensial untuk dicampurkan dengan carrier oil untuk minyak pijat. Perkiraan penghitungannya adalah 5 tetes minyak esensial dengan 30ml carrier oil dan carrier oil yang digunakan sebaiknya adalah sweet almond dan jojoba. Untuk bayi usia diatas 2 tahun, dosis minyak esensial bisa ditambah hingga 2%. Dosis ini juga berlaku untuk aromaterapy dengan diffuser.
4. Untuk pemakaian pertama, sebaiknya gunakan minyak esensial Lavender dan Chamomile.
5. Jangan gunakan minyak esensial Eucalyptus untuk bayi dibawah usia 2 tahun
6. Saat menggunakan campuran minyak esensial dan carrier oil untuk pemijatan, hindari penggunaan pada bagian wajah (terutama bagian mata dan mulut), dan tangan, karena anak-anak suka memasukkan tangan kedalam mulut dan terkadang juga digunakan untuk menggosok mata.
7. Pastikan untuk mengetest campuran minyak esensial pada bagian kecil kulit, untuk melihat reaksi yang ditimbulkan. Tujuannya agar terhindar dari kemungkinan adanya iritasi atau alergi.



Semoga tips kali ini bermanfaat dan selamat mencoba ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

0 Comment:

Post a Comment