Manfaat lain dari Tea Tree Essential Oil

By | 3:21 PM Leave a Comment


Haloo Pembaca..

Tau gak sih apa itu Tea Tree Oil? Biarpun namanya Minyak Tea Tree (Tea Tree Oil) sebenarnya minyak esensial yang satu ini bukan berasal dari teh, tapi dihasilkan dari tumbuhan Malaleuca alternifolia. Aromanya lebih mirip ke minyak kayu putih, soalnya masih se-family dengan tumbuhan kayu putih.

Saat ini, tea tree oil semakin populer dan banyak digunakan sebagai bahan aktif tambahan dalam berbagai produk rumah tangga dan kosmetik, termasuk pembersih muka, sampo, minyak pijat, krim kuku, krim untuk tubuh, dan deterjen.

Berikut adalah beberapa manfaat dan kegunaan tea tree oil untuk kecantikan dan kesehatan:

1. Tea Tree Oil untuk Jamur Kuku dan Kurap
Karena kemampuannya dalam membunuh parasit dan infeksi jamur, tea tree oil adalah pilihan tepat untuk digunakan untuk mengobati jamur kuku, masalah athlete’s foot, dan kurap.
Teteskan tea tree oil murni pada daerah yang terkena infeksi jamur atau kurap menggunakan kapasbersih.
Untuk masalah jamur yang membandel, pertimbangkan mencampur tea tree oil dengan minyak oregano sebagai anti-jamur alami.
Tea tree oil juga telah terbukti bermanfaat untuk mengobati dan menghilangkan kutil, sehingga hanya menempatkan tea tree oil langsung di daerah yang terkena kutil selama 1-2 kali sehari selama 30 hari.

Image result for gambar tetes tree tea  oil


2. Tea Tree Oil untuk Membunuh Jamur di Ruangan
Masalah umum yang banyak dialami sebagaian orang adalah munculnya jamur di rumah, tanpa mereka menyadarinya.
Pertimbangkan untuk membeli diffuser dan menyemprotkan tea tree oil melalui alat tersebut untuk membunuh jamur dan bakteri jahat yang ada di udara di dalam rumah.
Bisa juga semprotkan pembersih yang terbuat dari tea tree oil ke tirai shower, mesin cuci, alat pencuci piring, atau toilet untuk membunuh jamur.

Image result for tea tree oil untuk jamur diruangan


3. Tea Tree Oil sebagai Deodoran

Manfaat lain dari tea tree oil adalah untuk menghilangkan bau badan. Tea tree oil memiliki sifat antimikroba yang bisa membunuh bakteri pada kulit yang menyebabkan bau badan.
Anda dapat membuat buatan sendiri deodoran dari tea tree oil. Bahan-bahan yang diperlukan adalah tea tree oil, minyak kelapa, dan baking soda.

Image result for oil untuk deodoran

4. Tea Tree Oil untuk Infeksi dan Luka

Tea tree oil yang dicampur dengan minyak esensial lavender adalah bahan yang sempurna untuk membuat obat alami bagi luka.
Pastikan untuk membersihkan luka terlebih dahulu, kemudian teteskan campuran minyak lavender dan tea tree oil dan tutup dengan kain kasa untuk membantu melawan infeksi.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology bahkan menemukan bahwa tea tree oil membantu membunuh infeksi akibat infeksi bakteri MRSA (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus).
Related image


5. Pasta Gigi Tea Tree Oil untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Karena kemampuannya yang dapat membunuh bakteri jahat sekaligus menenangkan peradangan pada kulit, menjadikan tea tree oil sebagai bahan yang sempurna untuk pasta gigi dan obat kumur buatan sendiri.
Tea tree oil telah menunjukkan hasil yang positif untuk mengurangi perdarahan gusi dan kerusakan gigi.
Cukup campurkan tea tree oil, minyak kelapa, dan baking soda untuk membuat pasta gigi yang mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut.


6. Tea Tree Oil untuk Kanker

Tea tree oil dan frankincense oil (minyak kemenyan), keduanya telah terbukti memiliki manfaat sebagai anti-kanker.
Untuk lesi kulit yang abnormal, Anda dapat mencampur frankincense oil (minyak kemenyan), minyak biji raspberry, dan tea tree oil, kemudian oleskan pada daerah yang terkena lesi abnormal tiga kali sehari.

Related image

Nah itu dia manfaat lain yang jarang banget kamu ketahui tentang Tea tree oil..
Silahkan dicoba ya pembaca..
Semoga bermanfaat :)