5 Tips Harian Agar Terhindar dari Masalah Kulit

Halo Pembaca,

Perawatan kulit harus dilakukan secara seimbang dari luar dan dalam. Jika Anda memiliki masalah kulit yang cukup berat, dan sudah mencoba berbagai macam produk tapi belum berhasil, mungkin Anda perlu mencoba mengubah pola makan dan hidup agar lebih teratur.


Membersihkan Kulit

Membersihkan kulit, baik itu kulit wajah atau tubuh dengan cleansing foam, body wash ataupun sabun natural, adalah hal paling mendasar dari perawatan kulit setiap hari. Dengan cara ini kotoran dan bakteri jahat yang menempel pada kulit akan hilang.
Untuk membersihkan kulit wajah sebaiknya pilih yang sesuai dengan tipe kulit, karena wajah lebih sensitif dibanding dengan kulit pada bagian tubuh lainnya. Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif hindari penggunaan produk pembersih yang mengandung alkohol, dan akan lebih baik jika produk tersebut tidak mengandung bahan kimia.

Air

55%-75% dari tubuh kita adalah air. Minum air yang cukup dalam 1 hari (2L atau 8 gelas) dapat menjaga kelembaban kulit dan menghindari dehidrasi kulit. Air juga berfungsi untuk membuang kotoran dari dalam tubuh melalui keringat dan air seni. Oleh karena itu, dengan berolah raga dan berkeringat, kotoran dan zat jahat dalam tubuh yang bisa menimbulkan masalah pada kulit juga akan terbuang.

Perlindungan dari sinar matahari

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung sudah banyak disadari oleh banyak orang. Tetapi sebagian besar hanya karena ingin menjaga agar kulit tidak menjadi gelap. Sebenarnya yang terpenting dari perlindungan sinar matahari ini adalah untuk mencegah penuaan dan kerusakan kulit akibat radiasi sinar UV. Kulit yang lebih sering terkena langsung sengatan sinar matahari lebih mudah menjadi keriput dan mudah kehilangan elastisitas kulit.
Untuk itu, gunakan sunblock dengan SPF di atas 15, setidaknya 20 menit sebelum bepergian. Dengan perlindungan rutin setiap hari, Anda juga bisa melindungi diri dari kanker kulit.

Antioksidan

Antioksidan banyak dipercaya dapat melawan kanker dan baik untuk kesehatan jantung, sebab radikal bebasnya mampu menghancurkan molekul-molekul jahat dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel baik. Antioksidan untuk merawat kecantikan kulit, bisa didapat dengan mengkonsumsi atau memakai produk perawatan wajah dengan vitamin C, vitamin E, beta karotin, selenium, tiamina (Vitamin B1), dan zinc.
Melalui zat-zat antioksidan tersebut Anda akan mendapatkan mencegah pengenduran kulit, kerusakan kulit akibat sinar UV, flek hitam, dll.

Asam Lemak Esensial (EFA)

EFA adalah lemak tak jenuh ganda yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh kita. Fungsi utama EFA adalah untuk membantu pertumbuhan lemak dasar membran sel yang terdapat dalam air dan nutrisi. Pada sel kulit, EFA dapat membentuk minyak yang mampu melindungi kulit dari sinar UV dan polusi. Oleh karena itu, asupan EFA yang seimbang setiap harinya, seperti omega 3 dan omega 6, sangat penting untuk kulit kita. Sebab, jika tubuh kekurangan EFA maka kulit kita akan kehilangan minyak pelindung alami dan menjadi kering.
Omega 6 bisa didapat melalui daging unggas, padi-padian dan minyak untuk memasak. Sedangkan untuk omega 3 bisa didapat melalui ikan salmon, sardin, bayam, kacang kenari, kacang merah, dll. Sebagai tambahan, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung omega 3.

Semoga bermanfaat ^^
Ditunggu komen dan sarannya~~

1 Comments

  1. memang kulit tuh harus bener-bener dirawat dan di jaga, bukan hanya cewek saja sih, cowok juga perlu. Tapi kalo menurut saya lebih baik perawatan kulit model terbaru tuh dengan yang alami saja dari pada menggnakan kosmetik sih hahaha

    ReplyDelete
Previous Post Next Post