Perawatan Rambut dan Kulit Kepala Dengan Scrub

Halo Pembaca,

Kita sering memanfaatkan scrub untuk perawatan kulit. Scrub alami yang paling sering digunakan adalah scrub yang terbuat dari gula pasir organik lalu ditambah dengan bahan-bahan alami lainnya seperti lemon, madu, gel lidah buaya, minyak esensial, dll. Manfaat utama penggunaan scrub adalah untuk mengangkat kulit mati yang menumpuk pada lapisan kulit terluar, sehingga kulit tampak lebih cerah. Selain itu scrub juga bisa menjaga kelembaban kulit.

perawatan rambut natural scrub rambut

Jika scrub kulit sudah sangat sering didengar, bagaimana dengan scrub rambut? Mungkin tidak banyak yang tahu atau mendengat tentang manfaat dan cara membuat scrub rambut. Biasanya perawatan rambut yang sering dibahas adalah masker rambut atau penggunaan essence rambut.


Sekarang mari kita mulai dengan mengetahui manfaat dari penggunaan scrub rambut:

- Menghilangkan ketombe yang menempel pada kulit kepala
- Menghilangkan minyak berlebih, debu atau kotoran yang menempel pada rambut
- Membuat rambut tampak lebih tebal
- Menambah kilau rambut
- Melembutkan rambut
- Memberikan efek pijatan yang lembut pada kulit kepala


Berikut beberapa resep yang bisa dipakai untuk membuat sendiri scrub rambut dirumah.

Scrub dengan Gula Merah (Brown Sugar)


perawatan rambut natural scrub rambut

Gula merah yang dipakai disni bukan gula aren atau gula jawa, melainkan jenis gula pasir yang berwarna kecoklatan dan biasanya lebih lembab dibandingkan dengan gula pasir biasa.
Cara pembuatannya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan brown sugar dan minyak dasar (base oil) yang Anda sukai. Base oil tersebut bisa berupa minyak zaitun, minyak castor, minyak almond atau VCO (Virgin Coconut Oil).
Oleskan campuran kedua bahan ini pada rambut yang lembab, lalu pijat dengan lembut sebelum dibilas, diamkan selama 10-15 menit dan kemudian keramas seperti biasa. Anda juga bisa mencampurkan gula merah (tanpa base oil) pada shampoo dan gunakan seperti keramas biasa.

Scrub Oatmeal (Havermout)

perawatan rambut natural scrub rambut


Bahan yang dibutuhkan oatmeal yang berbentuk bubuk kasar dan jus lemon.
Campurkan kedua bahan tersebut hingga terbentuk pasta kental dan oleskan pada rambut yang lembab dan diamkan selama 15 menit sebelum keramas. Jika ingin menambahkannya pada shampoo, jangan tambahkan jus lemon.

Scrub Bubuk Beras


perawatan rambut natural scrub rambut


Siapkan bubuk beras yang sudah 80% dihaluskan, lalu campurkan dengan susu atau yogurt atau mayonnaise
hingga menjadi pasta kental, lalu oleskan pada rambut yang lembab. Pijat lembut selama 1-2 menit, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dan keramas seperti biasa.
Anda juga bisa menambahkan bubuk beras pada shampoo tanpa tambahan susu, yogurt atau mayonnaise.

Setelah menggunakan scrub rambut ini, pastikan untuk membilas rambut hingga tidak ada sisa bubuk scrub yang tertinggal pada rambut. Selain base oil, jus lemon, dan susu, Anda juga bisa menambahkan telur, madu, santan atau cairan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. FYI, 3 resep diatas juga bisa digunakan untuk kulit.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Post a Comment

Previous Post Next Post