Manfaat Tomat untuk Kulit


 

Sayuran berwarna merah dan sering menjadi bumbu utama masakan ini tidak hanya lezat tetapi juga dapat mempercantik kulit. Tomat mengandung likopen, antioksidan yang akan membuat kulit tampak bersih dan bersinar. Tomat juga diketahui bisa melindungi kulit dari bahaya matahari.

Dari sekian banyak manfaat tomat untuk kulit, mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini dan keriput adalah yang utama. Namun manfaat tomat untuk kulit sebenarnya sangat banyak, berikut beberapa diantaranya:



Mengecilkan pori
Pori-pori besar pada kulit bisa mengakibatkan kotoran dan debu menumpuk sehingga memicu infeksi. Untuk membersihkan kulit, ambil satu sendok makan jus tomat segar. Tambahkan 2-3 tetes jus lemon, kemudian pakailah campuran ini terutama pada bagian wajah yang pori-porinya besar. Pijat dengan gerakan melingkar, biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Menghilangkan bekas jerawat
Tomat kaya vitamin A dan C yang membantu menyembuhkan jerawat. Jika Anda memiliki jerawat ringan, taruh tomat yang sudah dipotong menjadi dua di atas jerawat. Tapi jika jerawat Anda parah,  lumatkan tomat untuk dijadikan masker. Biarkan selama satu jam dan kemudian bilas dengan air. Lakukan secara rutin untuk mengurangi terjadinya jerawat.

Sebagai penyegar
Campur jus ketimun dan jus tomat dalam takaran yang sama. Gunakan campuran ini secara teratur di wajah Anda. Ini merupakan salah satu zat terbaik yang dapat digunakan untuk membantu mengurangi kadar minyak pada kulit.

Menghapus komedo
Blackhead alias komedo adalah gangguan nyata bagi setiap perempuan. Untuk menghilangkannya, gunakan kombinasi tomat dan alpukat. Kombinasi ini membantu membersihkan kulit dan membuatnya lebih halus.

Menyembuhkan peradangan kulit
Seperti yang sudah dibahas, tomat memiliki efek menenangkan terhadap radiasi berbahaya dari matahari. Parut setengah tomat, campur dalam dua sendok makan yogurt dan gunakan campuran itu pada area tubuh yang terkena sinar matahari. Bilas setelah setengah jam. Ramuan ini efektif sebagai obat yang sangat baik terhadap peradangan kulit akibat terbakar matahari.


sumber: KOMPAS.com

Post a Comment

Previous Post Next Post