4 Resep Facial Toner Homemade - 100% Natural

Halo Pembaca,

Segala sesuatu yang homemade atau D.I.Y, biasanya lebih baik dibanding buatan pabrik, karena semua proses pembuatan dan bahan yang dipakai kita pilih sendiri. Walaupun untuk beberapa hal seperti pakaian, barang elektronik, dll agak sulit untuk membuat sendiri.

Dalam postingan ini tentu akan dibahas tentang membuat sendiri produk perawatan kulit. Kebiasaan membuat sendiri produk perawatan kulit pada dasarnya memiliki efek yang jauh lebih baik untuk kulit kita, tetapi karena pekerjaan, malas, repot dan berbagai faktor lainnya membuat "homemade" menjadi terasa sulit.

Homemade kali ini adalah facial toner. Walaupun sudah banyak sekali toner-toner yang dijual di pasaran, tetapi semua itu hanya sekumpulan campuran bahan kimia. Manfaat yang didapat oleh kulit kita dengan toner-toner tersebut belum tentu positif, bisa jadi kulit kita malah iritasi atau timbul masalah baru. Sedangkan toner dipasaran yang benar-benar membawa manfaat untuk kulit biasanya mahal.


Resep 1: Toner Cuka Apel (Apple Cider Vinegar)

Bahan: Cuka apel dan air suling


Perbandingan dari kedua bahan ini adalah 1 cuka apel : 2 air suling. Jika dengan perbandingan ini kulit terasa tidak nyaman, tambahkan air sehingga perbandingan menjadi 1:3. Kocok dulu setiap pemakaian.
Toner cuka apel ini dapat membantu membersihkan kulit, melawan jerawat, melembutkan kulit, meredakan iritasi, dan mengatur PH kulit.


Resep 2: Toner Untuk Kulit Sensitif, Kering dan Penuaan

Bahan:
250 ml Air mawar;
5 ml gliserin;
3 tetes minyak esensial Lavender;
3 tetes minyak esensial Kemenyan (Frankincense);
3 tetes minyak esensial Cendana (Sandalwood);
1 tetes minyak esensial Chamomile


Resep ini sangat cocok untuk kulit sensitif. Orang dengan kulit sensitif biasanya tidak mudah untuk mendapatkan produk perawatan kulit yang benar-benar cocok, karena kandungan kimia dalam produk perawatan kulit biasanya akan sangat bereaksi pada kulit sensitif. Dengan mencoba toner ini, Anda mungkin tidak perlu lagi repot-repot mencari perawatan kulit lain.


Resep 3: Toner Putih Telur, Madu dan Air Lemon

Bahan:
1 butir putih telur
1 sendok teh air lemon
1 sendok teh madu organik


Kocok putih telur hingga agak kental, lalu campurkan madu dan lemon. Setelah tercampur rata, oleskan pada wajah, hindari bagian mata dan bibir. Diamkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air hangat, lalu terakhir siram dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Resep ini tidak bisa dibuat dalam jumlah banyak, satu resep untuk satu kali pemakaian saja. Toner ini sangat baik untuk komedo hitam, mencerahkan kulit wajah dan mengencangkan kulit.


Resep 4: Toner Peppermint dan Madu

Bahan:
1 sendok makan madu organik
80 ml air suling hangat
60 ml cuka apel
250 ml air suling
5 tetes minyak esensial Peppermint


Campur madu organik dengan air suling hangat, sampai madu benar-benar larut. Lalu tambahkan bahan-bahan lainnya, aduk hingga rata. Anda juga bisa menambahkan 5 tetes minyak esensial Tea Tree atau Lavender.
Resep toner ini sangat cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Minyak esensial Peppermint dapat mengurangi minyak berlebih, cuka apel dan madu dapat melawan jerawat, dan dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat sehingga kulit tampak lebih cerah.

Pilih salah 1 dari 4 resep toner diatas yang sesuai dengan kulit Anda, dan dapatkan kulit sehat, bersih dan cerah.
Selamat mencoba...semoga bermanfaat. Ditunggu komen dan sarannya ^^

2 Comments

  1. terima kasih infonya, sangat bermanfaat, mudah n tdk bnyk mengandung bahan kimia

    ReplyDelete
  2. toner yang dinyatakan ini berapa lama boleh tahan ya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post