Perawatan Natural Untuk Komedo Putih (Whiteheads)

Halo Pembaca,

Jerawat ada banyak jenisnya, salah satunya adalah komedo putih atau juga dikenal dengan nama whitehead. Tidak seperti komedo hitam yang membuat wajah terlihat kotor karena pori-pori kulit yang lebar tertutup oleh kotoran, komedo putih menghiasi wajah dengan bintik putih kecil. Walau demikian tetap saja komedo ini mengganggu penampilan kita dan harus segera dibasmi.

Madu, Telur dan Lemon


Perawatan komedo putih dengan madu banyak dinyatakan berhasil dan efektif. Madu asli memiliki fungsi sebagai antibakteri dan juga antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik untuk mencegah penuaan kulit.
Campurkan 1 butir putih telur (ukuran sedang), 1 sendok makan madu, dan 1 sendok makan juice lemon segar, aduk hingga rata, lalu oleskan pada bagian yang diinginkan atau ke seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit atau hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.

Baking Soda


Dengan baking soda kita bisa membuat sendiri scrub pembersih wajah. Caranya campurkan 2 sendok makan baking soda dengan 1,5 sendok makan cuka apel atau air bersih. Aduk adonan hingga semuanya tercampur dan cukup kental, lalu oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu dengan perlahan gosok wajah Anda untuk mengangkat kulit mati dan komedo putih. Setelah itu bilas dengan air hangat. Jika adonan kurang, bisa ditambahkan sesuai dengan perbandingan. Untuk kulit sensitif sebaiknya lakukan pengetesan lebih dahulu, agar tidak iritasi atau memperburuk kondisi kulit.

Bubuk Cendana dengan Air Mawar


Campurkan bubuk cendana dengan air mawar untuk membuat adonan yang agak kental. Lalu oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selam 30 menit, lalu semprotkan sedikit air gosok dengan perlahan untuk mengangkat kulit mati dan komedo putih. Setelah itu bilas dengan air hangat. Untuk kulit sensitif sebaiknya lakukan pengetesan lebih dahulu, agar tidak iritasi atau memperburuk kondisi kulit.

Bubuk Kayu Manis, Baking Soda dan Lemon


Campurkan 1/2 sendok makan bubuk kayu manis, 1 sendok makan baking soda, 1 sendok makan jus lemon segar dan sedikit air hangat. Aduk hingga semuanya tercampur rata, oleskan pada wajah dan leher, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan 2x seminggu untuk mendapatkan kulit bersih tanpa komedo.

Semua remedi yang disebutkan diatas sebaiknya di test terlebih dahulu, dan jika terasa tidak cocok langsung hentikan penggunaannya. Gunakan remedi maksimal 2-3 kali dalam seminggu.

Semoga tulisan ini bisa membantu, ditunggu komen dan sarannya ^^

Post a Comment

Previous Post Next Post