Solusi Membersihkan Rumah Tanpa Produk Kimia Berbahaya

Halo Pembaca,

Membersihkan rumah adalah hal yang cukup melelahkan, walaupun mungkin sebagian besar dari Pembaca tidak melakukannya sendiri, karena ada pembantu yang melakukannya setiap hari. Tetapi tidak ada salahnya jika kita sesekali membersihkan rumah bersama dengan keluarga diakhir pekan. Apalagi sekarang merupakan liburan sekolah, bisa dijadikan sebagai kesempatan yang baik untuk mengajarkan kepada anak-anak pengalaman baru dan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan rumah. 


 pembersih rumah alami tanpa kimia natural

Membersihkan rumah tidak selalu harus menggunakan pembersih kimia yang membahayakan kesehatan dan tentunya berbahaya bagi anak-anak. 


pembersih rumah alami tanpa kimia natural

Untuk itu, dalam artikel kali ini akan berbagi tips-tips pembersih buatan sendiri yang aman untuk digunakan tetapi memiliki kemampuan pembersih yang cukup memuaskan.


pembersih rumah alami tanpa kimia natural

Pembersih Kuningan

Pembersih kuningan atau bahan logam yang biasa kita kenal adalah Brasso. Tetapi sekarang kita bisa membuat sendiri dan tentunya mudah dan aman.
Bahan yang dibutuhkan adalah:
• Cuka putih (cuka masak) atau sari jeruk lemon
• Garam dapur

Cara menggunakannya adalah basahi sponge pencuci dengan cuka atau sari lemon, lalu taburi dengan garam dapur. Setelah itu gosok bagian dari logam yang ingin dibersihkan. Setelah bersih bilas dengan air dan keringkan dengan menggunakan kain bersih. Brasso ini hanya dapat dipakai untuk logam yang tidak dipernis.

Pembersih Kaca

Bahan yang dibutuhkan adalah
• 2 gelas air
• 1/2 gelas cuka masak atau cuka apel
• 1/4 gelas alkohol 70%
• 1 atau 2 tetes minyak esensial yang disukai (tambahan)

Masukkan campuran bahan-bahan tersebut kedalam botol semprot dan gunakan untuk membersihkan jendela dan kaca dirumah. . Basahi sedikit kain atau kertas tissue yang akan digunakan untuk mengelap dengan cairan tersebut, lalu semprotkan juga kaca atau jendela yang ingin dibersihkan, gosok satu arah vertikal (atas atau bawah) dan horizontal. Jika udara sangat terik dan panas, usahakan untuk membersihkan sedikit demi sedikit, karena saat udara sangat panas cairan akan mudah mengering dan akan meninggalkan banyak bercak pada kaca atau jendela.

Pembersih Serba Guna dan Penghilang Bau

Yang dibutuhkan untuk membuat pembersih ini adalah
• 4 sendok makan baking soda
• 950ml air hangat

Campuran bahan ini sangat efektif untuk membersihkan dapur dan kulkas. Gunakan sponge untuk menggosok bagian dari dapur Anda yang kotor. Campan bahan ini juga dapat menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas Anda.

Pembersih Tingkat Tinggi

Yang dibutuhkan untuk membuat pembersih ini adalah
• separuh jeruk lemon
• 1/2 gelas borak

Cara penggunaannya juga sangat mudah, cukup tempelkan bagian dari buah lemon yang sudah diiris ke borak lalu gosokkan pada porselen atau lantai kamar mandi atau bak mandi atau wastafel atau kloset Anda. Gunakan sarung tangan agar tangan tidak kotor. Pembersih ini tidak efektif dipakai untuk membersihkan marmer atau granit.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan jauh dari bahan kimia. Kegiatan bersih-bersih pasti akan lebih sehat dan mendidik bagi anak-anak.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Post a Comment

Previous Post Next Post