Manfaat Cuka Apel Untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Halo Pembaca,

Penggunaan cuka lebih banyak dipakai sebagai bahan tambahan dalam masakan. Jenis cuka yang digunakan juga berbeda-beda, ada yang suka menggunakan cuka putih, cuka beras, ataupun cuka apel. Cuka memiliki bau yang sangat menyengat dan banyak yang tidak suka. Walau demikian, cuka memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh dan baik untuk perawatan kulit.

perawatan kulit rambut alami natural cuka apel

Rutin mengkonsumsi cuka apel dengan dosis yang seusai dapat membantu memperlancar pencernaan dan membuat kulit lebih awet muda. Berikut adalah beberapa manfaat cuka apel untuk perawatan kulit dan rambut yang saya dapat dari Kompas.com.


1. Menghaluskan kulit

Isilah bak di kamar mandi dengan air hangat, lalu tambahkan 300ml cuka apel dan berendamlah selama 15 menit. PH cuka apel yang mirip dengan PH kulit dapat berfungsi untuk melindungi kulit, akan membuat kulit jadi lebih halus dan membantu mengecilkan pori-pori kulit. Jika tidak memiliki bak mandi untuk berendam, cukup gunakan ember kecil untuk membasahi kulit tubuh dan wajah dengan campuran air cuka. Diamkan hingga kurang lebih 2 menit dan ulangi lagi hingga 2-3 kali.

2. Menambah kilau rambut



perawatan kulit rambut alami natural cuka apel

Campurkan dua sendok makan cuka apel dengan secangkir air. Lalu, gunakanlah sebagai conditioner setelah selesai keramas dengan shampoo, untuk mendapatkan rambut berkilau alami. Anda juga dapat menggunakan sedikit conditioner saat mengoleskan cuka apel tersebut.


3. Perawatan untuk kulit kepala berketombe

Campurkan cuka apel dengan air dalam takaran yang sama, oleskan pada kulit kepala sebelum keramas. Tutup rambut dengan shower cap atau handuk hangat selama 10 menit. Anda juga dapat mencampur satu sendok teh cuka apel dengan sampo saat anda mencuci rambut.


4. Perawatan sehabis bercukur

Oleskan kapas yang sudah dicelupkan dengan cuka apel pada area kulit yang bulunya sudah Anda cukur. Untuk kulit yang terasa perih sehabis bercukur, ada baiknya, oleskan terlebih dahulu dengan madu, diamkan lima menit, bilas, keringkan dan baru oleskan cuka apel.

5. Penghilang bau kaki



perawatan kulit rambut alami natural cuka apel

Campurkan satu cangkir cuka apel dengan empat cangkir air dalam ember. Rendam kaki selama 15 menit. Kemudian, bilas dan keringkan. Kandungan antibakteri dan antifungal dalam cuka apel dapat membantu membasmi jamur pada kaki penyebab timbulnya bau. Cara ini juga dapat menghaluskan kulit kaki yang kering dan retak. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial Lavender, Tea Tree atau Eucalyptus.

Semoga tips kali ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Sumber


Post a Comment

Previous Post Next Post