Masker dan Scrub Kopi Untuk Perawatan Kulit

Halo Pembaca,

Kandungan antioksidan dan kafein yang ada dalam kopi dan teh hijau banyak dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan kecantikan. Kali ini akan dibahas mengenai pemanfaatan kafein pada kopi untuk perawatan kecantikan kulit.

perawatan kulit natural alami kopi

Tetapi ada juga yang khawatir akan efek samping dari kopi pada kulit. Sifat asam dan kafein pada kopi memang menjadi alasan utama sebagian orang menghindari konsumsi kopi. Kopi sebenarnya baik untuk dikonsumsi dalam jumlah yang tepat karena kafein dalam kopi dapat membuat otak dan saraf-saraf yang sudah lelah untuk segar kembali dan membuat tubuh aktif kembali. Hal ini baik, karena dapat menambah aktifitas seperti berolah raga yang nantinya akan memberi manfaat pada kulit.  Kandungan kafein pada kopi juga dapat mengurangi selulit atau setidaknya mengurangi tampilan kulit yang tidak rata akibat selulit.


perawatan kulit natural alami kopi

Konsumsi kopi yang masih masuk takaran normal dan sehat adalah 1 cangkir sehari. Tetapi jumlah kopi yang dikonsumsi tentu harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Konsumsi kopi ini tidak direkomendasikan untuk yang memiliki masalah sakit maag, atau mungkin alergi dengan kopi.

Selain dengan dikonsumsi, penggunaan bubuk kopi untuk perawatan kulit dari luar juga banyak digemari, selain aromanya yang membuat nyaman, sensasi scrub yang dihasilkan kopi juga bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan membantu membersihkan pori-pori kulit.
Berikut 2 resep masker kopi yang bisa kita buat sendiri dirumah.


Masker Kopi Untuk Wajah



perawatan kulit natural alami kopi

Bagi Pembaca yang rajin menggunakan masker pada pagi hari, bisa menambahkan kopi dalam masker untuk membuat kulit wajah tampak lebih cerah, karena kopi mengandung antioksidan yang dapat membantu menghilangkan debu kotoran pada kulit.

Bahan yang dibutuhkan:
2 sendok makan kopi bubuk
2 sendok makan cocoa bubuk
3 sendok makan susu full cream atau heavy cream atau or yogurt
1 sendok makan madu

Cara membuatnya pun sangat mudah, cukup dengan mencampurkan semua bahan-bahan diatas, lalu oleskan pada seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 15 menit, dan bersihkan dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat. Setelah itu cuci wajah dengan air dingin sebagai penutup.
Masker ini tidak hanya dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit, juga dapat memberikan kelembaban yang dibutuhkan kulit dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Scrub Alami Untuk Wajah Dan Tubuh



perawatan kulit natural alami kopi

Kopi sebagai scrub untuk wajah merupakan eksfoliator alami yang sangat bagus. Dengan memanfaatkan kopi sebagai scrub, kulit mati yang berada pada lapisan atas kulit dapat terkikis dan dapat membantu menyamarkan kerutan pada kulit (antiaging alami). Terkikisnya sel kulit mati pada kulit juga dapat membuat kulit lebih cerah dan halus.
Untuk membuat scrub ini, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:
3 sendok makan kopi bubuk
1 sendok makan  carrier oil seperti minyak zaitun, minyak biji anggur, VCO atau minyak sweet almond
1 sendok makan gula merah (bukan gula jawa)

Sama seperti masker kopi diatas, campurkan semua bahan-bahan. Jika ingin membuat scrub yang kental tambahkan lebih banyak gula, jika ingin lebih encer tambahakan minyak. Setelah jadi, oleskan pada wajah dan gunakan gerakan melingkar untuk memijat wajah dengan lembut. Pijat lebih lama untuk bagian-bagian yang berkomedo, dan mudah berjerawat. Setelah itu bilas dengan air hangat dan tutup dengan air dingin untuk mengecilkan pori-pori.

Semoga tips kali ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Post a Comment

Previous Post Next Post