Minyak Kelapa Untuk Melebatkan Rambut (Dewasa dan Bayi)

Halo Pembaca,

Menggunakan shampoo mengurangi kerontokan, hair tonic atau produk yang mengandung bahan kimia untuk menebalkan atau mengurangi kerontokan hasilnya tidak selalu sesuai dengan yang kita inginkan. Bisa jadi malah membuat mengalami kerusakan, yang membuat kualitas rambut menjadi menurun. Ada banyak bahan-bahan alami yang dapat membuat rambut menjadi lebih sehat, lebat dan indah, salah satunya adalah minyak kelapa. Menggunakan minyak kelapa untuk perawatan rambut baik digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Minyak kelapa seperti yang kita ketahui mengandung anti jamur, anti viral, dan antibakteri, sehingga juga baik untuk mengatasi masalah ketombe, kutu rambut dan berbagai masalah rambut lainnya. Selain itu, minyak kelapa juga kaya akan vitamin E, K dan zat besi yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dan membuat akar rambut menjadi lebih kuat


Untuk menggunakan minyak kelapa pada rambut, bisa langsung tanpa campuran atau dengan menambah beberapa bahan alami lainnya. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk memanfaatkan minyak kelapa:

100% Minyak Kelapa Murni



Caranya sangat mudah, cukup hangatkan minyak kelapa secukupnya, lalu oleskan pada rambut yang sudah dibasahi dengan air hangat. Usahakan agar minyak kelapa mengenai kulit kepala dan akar rambut. Pijat dengan gerakan melingkar menggunakan ujung jari selama 3-5 menit. Tutup rambut dengan topi mandi dan diamkan selama 1 jam atau semalam untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Setelah itu gunakan shampoo natural untuk mencuci rambut. Lakukan perawatan ini setidaknya seminggu 2-3x.

Minyak Kelapa Murni dengan Air Perasan Lemon



Perbandingan antara minyak kelapa dengan air perasan lemon adalah 2:1. Misalkan minyak kelapa yang digunakan adalah 10ml, maka air perasan lemon yang ditambahkan adalah 5ml.
Campurkan hingga merata dan oleskan secara menyeluruh dari kulit kepala hingga ujung rambut. Pijat dengan lembut, lalu diamkan selama 5 jam atau semalaman. Setelah itu keramas hingga tidak ada sisa minyak pada rambut.

Minyak Kelapa Murni dengan Sweet Almond Oil




Sweet almond oil tidak hanya lembut untuk kulit, tetapi juga dapat menjadi perawatan yang sangat efektif untuk rambut kering, bercabang dan kurang bercahaya. Sehingga rambut yang tumbuh akan lebih sehat dari akar hingga ujungnya.
Campurkan minyak kelapa dan almond oil dengan takaran yang sama, hangatkan sedikit dan oleskan pada kulit kepala hingga ujungnya. Pijat dengan lembut selama 10-15 menit, dan tutup dengan topi mandi (shower cap). Setelah didiamkan selama 1 jam, keramas dengan shampoo natural.

Minyak Kelapa Murni dengan Minyak Castor (Minyak Jarak)




Seperti diketahui minyak castor juga sangat baik untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.
Cara membuat dan penggunaannya sama seperti campuran minyak kelapa dengan minyak almond. Hanya saja perlu didiamkan selama 2 jam, sebelum dibersihkan dengan shampoo.
Untuk rambut berminyak sebaiknya kurangi penggunaan minyak jarak, karena dapat membuat rambut tampak lepek.

Minyak Kelapa Murni dengan Minyak Zaitun



Fungsi dari minyak zaitun sudah tidak asing lagi. Tidak hanya untuk kesehatan saja, menggunakan minyak zaitun untuk perawatan kulit dan rambut juga sangat sering digunakan oleh banyak orang. Dengan mencampurkan minyak zaitun dengan minyak kelapa, merupakan perpaduan yang sangat pas untuk perawatan segala jenis rambut.
Dosis pencampuran dan penggunaannya sama seperti yang diatas.

Penggunaan untuk bayi dan anak-anak sama dosisnya dengan orang dewasa, hanya saja untuk campuran dengan air lemon, sebaiknya dihindari, utamakan penggunaan dengan minyak almond.

Semoga tips kali ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

1 Comments

Previous Post Next Post