Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa

Meskipun saat berpuasa kita tidak boleh makan dan minum disiang hari, tetapi jika anda pandai-pandai didalam mengatur pola makan saat berbuka dan sahur maka sebenarnya tubuh kitapun akan selalu fit dan segar sepanjang bulan puasa.
Beberapa tips sederhana agar tubuh tetap fit dan segar saat puasa sehingga andapun dapat menjalankan aktivitas harian tanpa ada hambatan.

1. Makan makanan yang bergizi dan berserat.
Hasil gambar untuk agar badan tetap fit saat berpuasa
Selama berpuasa tubuh sangat memerlukan asupan yang bergizi dan berserat sebagai penyimpanan energi selama beraktivitas. makanan yang mengandung serat dapat menjaga energi tubuh, seperti jika anda buah kurma saat sahur atau berbuka. dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan berserat akan berdampak baik pada kesehatan tubuh.

2. Perbanyak minum air mineral.

Hasil gambar untuk agar badan tetap fit saat berpuasa
Saat anda berpuasa anda harus tetap minum air sebanyak 2 liter sehari dengan cara membagi waktu minumnya, misalnya saat sahur minumlah sebanyak empat gelas dan begitu pula saat berbuka,

3. Menjaga pola tidur.

Gambar terkait
Selama berpuasa waktu tidur anda akan jauh berbeda dari biasa nya. Cobalah tidur lebih awal dari biasa nya, kemudian bangunlah disepertiga malam untuk melakukan sahur, kemudian tidurlah sejenak sampai subuh tiba. Jika anda ingin melanjutkan tidur anda bisa bangun 30 menit menjelang adzan subuh dan lanjutlah untuk beraktivitas.

4. Tetap aktif beraktivitas.

Gambar terkait
Puasa bukan menjadi halangan untuk berhenti melakukan aktivitas. Tetaplah beraktivitas seperti biasanya. Karena dengan beraktivitas justru akan menyeimbangkan kondisi tubuh saat berpuasa. Boleh saja mengurangi aktivitas saat berpuasa tapi jangan sampai tidak melakukan aktivitas sama sekali.

5. Olahraga.

Hasil gambar untuk agar badan tetap fit saat berpuasa
Sebisa mungkin lakukan olahraga ringan dan santai jika anda mengantuk. contohnya seperti jalan cepat atau bersepeda dipagi atau sore hari. Hindari olahraga yang berat atau berlebihan, sebab ini hanya akan membuat anda kelelahan dan dehidrasi saat puasa.

Post a Comment

Previous Post Next Post