Membuat Sabun Bastille

By | 9:56 AM Leave a Comment
Halo Pembaca,

Minyak zaitun dikenal sebagai minyak yang memiliki banyak manfaat. Selain untuk memasak dan menyehatkan tubuh, minyak zaitun juga baik untuk menjaga kelembapan kulit dan banyak mengandung vit E. Sabun yang terbuat dari 100% minyak zaitun, dikenal dengan nama Sabun Castile. Sabun ini sangat cocok digunakan untuk kulit sensitif dan bayi. Resep ini sangat cocok untuk pembuat sabun pemula, karena minyak zaitun tidak mudah mengental (trace) setelah dicampur dengan larutan soda api, tetapi sabun castile tidak menghasilkan busa yang cukup, oleh sebab itu banyak pembuat sabun lebih suka membuat sabun bastille. Sabun yang memakai minyak zaitun sebagai bahan baku utama 70%-85%, lalu ditambah dengan 10%-20% minyak kelapa, dan 5%-10% castor oil. Kedua minyak ini dapat menghasilkan busa yang melimpah pada sabun, tetapi tetap dapat mempertahankan kelembapan saat dipakai.

Resep sabun bastille:
Minyak zaitun 550g
Minyak kelapa 120g
Minyak kastor 60g
NaOH 106g
Air suling 231 g
Essential Oil (EO) atau pewangi (optional)

Ada beberapa peralatan yang juga harus dilengkapi:
1. Sarung tangan karet

2. Masker
3. Panci stainless atau gelas pyrex
4. Termometer air (2)
5. Mixer atau spatula

6. Gelas plastik tahan panas untuk mencapur soda api
7. Kacamata


8. Cetakan kue/cetakan lainnya. Alasi dengan kertas pembungkus nasi (yang warna coklat) atau paper rice (warna putih)
9. Kompor listrik atau kompor biasa untuk memanaskan minyak.

Langkah-langkah pembuatan:
1. Masukan soda api secara bertahap ke dalam air suling, aduk-aduk hingga semua soda api larut. Setelah semua soda api larut, suhu air akan meningkat hingga 80°C - 90°C. Masukan termometer air kedalam larutan, dan tunggu hingga suhu larutan 50°C-55°C.

2. Panaskan campuran minyak yang sudah ditakar dengan api kecil, hingga mencapai 50°C-55°C. Masukan termometer untuk mengetahui suhu minyak.

3. Masukan larutan soda api kedalam minyak secara perlahan, sambil diaduk dengan spatula. Usahakan suhu minyak dan larutan soda api dalam kisaran suhu yang sama, antara 50°C-55°C.

4. Jika tidak memiliki mixer, bisa pakai spatula untuk mengaduk, tapi agak lama mungkin bisa 50 menit lebih. Aduk hingga tahap trace awal, lalu masukan pewangi atau EO. Hati-hati dengan tahap ini, karena ada kemungkinan akan terjadi seizing. Jadi kalau mengaduk dengan spatula, pewangi atau EO bisa dimasukan setelah +- 30 menit mengaduk, kalau dengan mixer +- 15 menit.

5. Setelah diaduk rata dan sudah mencapai tahap middle trace (mirip yogurt), masukan adonan sabun kedalam cetakan yang sudah dilapisi dengan kertas pembungkus nasi, ratakan, tutup dengan wrapping paper, masukan ke dalam kotak stereofoam. Jika ingin ada tahap gel bungkus dengan handuk.

6. Biasanya sabun yang memakai banyak minyak zaitun membutuhkan waktu yang agak lama untuk mengeras. Lihat kembali sabun setelah 24 jam, jika masih agak lembek, tunggu 5-6 jam lagi. Jika sudah lebih keras, keluarkan dari cetakan dan potong sesuai keinginan.

Note:
Minyak kelapa dan zaitun bisa di beli di supermarket.
Minyak castor dan soda api bisa di beli di toko kimia.
Kertas pelapis kalau saya beli di toko penjual plastik, bilang paper rice biasanya langsung tahu koq.

Jika berkenan tuliskan komen atau pengalaman saat membuat sabun ini untuk sharing ^_^
Selamat mencoba~

0 Comment:

Post a Comment