Mengenal Tahap-tahap Membuat Sabun - Cold Process

By | 8:30 AM Leave a Comment
Halo pembaca,

Tertarik untuk membuat sabun sendiri dengan metode cold process?

Sebelum mulai beraksi, kenali dulu tahap-tahapnya:

1. Mencampur larutan soda api dengan minyak.
Temperatur kedua cairan ini berkisar antara 50°C-55°C.

2. Saponifikasi.
Kondisi dimana minyak dan larutan soda api sudah menyatu membentuk sabun. Warna adonan berubah menjadi putih agak kekuningan dan minyak tidak terlihat.

3. Trace
Adonan sudah mulai agak kental (seperti cairan molto pewangi). Jika sudah masuk tahap trace awal bisa tambahkan pewangi atau bahan lain seperti pewarna, vitamin E, minyak untuk superfat. Setelah diaduk rata masukan dalam cetakan. Kalau tidak ingin menambah bahan lain, tunggu sampai middle trace (mirip yogurt) sebelum dimasukan dalam cetakan untuk mendapat hasil sabun yang lebih baik.

4. Seizing
Adonan sabun tiba-tiba mengental atau mengeras (dalam hitungan detik). Biasanya dialami karena memasukan Essential Oil atau pewangi. Ada beberapa jenis E.O atau pewangi yang dapat menyebabkan seizing. Jika mengalami seizing, langsung masukan sabun dalam adonan atau panaskan adonan dengan api kecil, cek setiap 20 menit hingga sabun mirip adonan mash potato, lalu masukan dalam cetakan.

5. Superfatting
Memasukan minyak pelembab (dalam jumlah kecil-kurang dari 20% dari total jumlah minyak) setelah adonan trace. Minyak pelembab bisa berupa minyak jojoba, minyak biji anggur, shea butter, dll. Dengan superfatting hasil sabun lebih melembabkan dan memberikan vitamin pada kulit, tetapi sabun superfatting masa penyimpanannya lebih pendek dan mudah rusak.

6. Gel Stage
Setelah adonan sabun masuk dalam cetakan, tutup rapat lalu bungkus dengan handuk atau masukan dalam kotak penahan panas. Dalam tahap ini suhu sabun akan memanas dan adonan akan menjadi agak transparan, lalu kembali normal. Biasanya sabun yang mengalami gel stage akan lebih lembut. Tahap ini bisa dilakukan atau di skip, tergantung keinginan.

7. Cure stage
Sabun yang sudah dikeluarkan dari cetakan dan dipotong harus di biarkan selama 4 minggu sebelum digunakan, tahap ini dinamakan tahap pematangan. Selama 4 minggu ini selain untuk menghilangkan kadar soda api dalam sabun, kadar air juga akan berkurang sehingga sabun menjadi lebih keras.

Semoga bermanfaat dan bisa menghindari "kecelakaan" sewaktu membuat sabun hehehe...

0 Comment:

Post a Comment