Alasan dan Keuntungan Menggunakan Minyak Tea Tree

By | 11:30 AM 4 comments
Halo Pembaca,

Hampri semua pasti tahu dengan yang namanya essential oil atau minyak esensial atau minyak atsiri. Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari minyak yang berasal dari ekstrak tumbuhan. Minyak esensial dibuat dengan cara penyulingan, atau bisa dengan merendam tanaman dengan minyak zaitun, minyak biji anggur, VCO (Virgin Coconut Oil), atau minyak lainnya.

Salah satu dari begitu banyak minyak esensial yang banyak diminati adalah Tea Tree. Minyak tea tree juga dikenal dengan minyak melaleuca, karena dibuat dari daun tanaman Melaleuca alternifolia. Warna dari minyak esensial tea tree biasanya agak kekuningan dan wanginya sangat segar yang menurut saya sangat cocok untuk menghilangkan rasa mual karena mabuk kendaraan dan rasa pusing.


Fungsi Medis
Minyak esensial Tea tree dapat digunakan sebagai insektisida yang dapat membunuh bakteri jahat dan menguatkan daya tahan tubuh. Minyak ini juga dapat melegakan pernapasan, mengurangi rasa nyeri pada otot dan menenangkan pikiran.
Zat antiseptik pada minyak esensial Tea Tree sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti infeksi jamur kuku dan athlete's foot. Selain itu minyak tea tree juga ampuh untuk menyembuhkan luka bakar.

Perawatan Kulit

Kandungan antiseptik pada minyak tea tree selain dapat menyembuhkan penyakit kulit, juga banyak digunakan dalam obat jerawat. Karena kandungan antiseptik dan fungsi insektisidanya dapat membunuh bakteri yang menempel pada kulit yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
 
Fungsi Lainnya
Selain untuk kulit, minyak tea tree juga baik untuk mengurangi ketombe, dan menjaga kesehatan kulit kepala.
Dalam pasca banjir seperti ini Anda bisa mencampurkan tea tree dengan air untuk membersihkan rumah. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak tea tree untuk membilas pakaian, agar tidak berjamur.

Efek Samping Tea Tree Oil
Banyak sekali fungsi yang bisa kita dapat dari menggunakan minyak tea tree. Tetapi ada juga efek samping yang harus kita perhatikan dari menggunakan tea tree.
Untuk kulit sensitif atau yang memiliki alergi dengan tumbuhan hindari penggunaan langsung pada kulit, campurkan dengan minyak zaitun, minyak jojoba atau dengan air. 
Hindari juga penggunaan secara internal karena dapat menyebabkan sakit perut, diare, pusing, muntah-muntah, halusinasi dan bahkan koma.
Selain itu jika terjadi iritasi setelah penggunaan minyak tea tree langsung hentikan penggunaan dan hindari juga campuran atau krim yang mengandung eucalyptus karena sering mengandung tea tree didalamnya. Jika Anda menderita kulit eksim jangan menggunakan minyak tea tree karena dapat memperburuk kondisi kulit Anda.

Semoga artikel ini bisa membantu, ditunggu saran dan komennya ^^

4 comments: Leave Your Comments

  1. Aku kira tea tree oil itu minyak dari pohon teh, bukan gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bukan hehe...tapi dr pohon melaleuca, yg ktnya aslinya dr Australia ^^

      Delete
  2. Mukaku egk kering jg egk berminyak.tp bnyk flek hitam dan bekas jerawat,Setelah aku coba di blkng telinga gk ada reaksi panas ato gatal.tetapi stelah memakai 2 hr di muka,knp mukaku jd brtmbah bintik bintik putih.bnyk,gatal,dan rasanya muka jd kaku...apakah itu msh bs di lanjutkan memakai tea tree oil

    ReplyDelete
  3. Kalau pemakaian 5-6hr blm ada perubahan atau wajah memerah itu kenapa ya?

    ReplyDelete