Atasi Rumah Lembab Secara Alami Akibat Banjir dan Hujan Lebat

By | 9:50 AM 3 comments
Halo Pembaca,


Banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya, begitu juga kota-kota lain di pulau Jawa dan Manado, Sulawesi Utara, pastinya membuat kita semua lelah dan tidak nyaman. Apalagi setelah banjir surut, kita akan disibukkan dengan kegiatan bersih-bersih rumah secara total. Kondisi rumah dan perabotan yang ada di dalamnya pun menjadi lembab, bau, dan mudah berjamur. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa tips-tips yang alami dan mudah untuk dilakukan:

Manfaatkan Kertas Koran


Alaskan kertas koran dalam lemari pakaian, berikut dinding lemari sebelum meletakkan pakaian. Bisa juga gunakan pada pakaian yang digantung. Selain pakaian, kertas koran juga bisa dimasukkan ke dalam sepatu, agar sepatu tidak lembab dan bau.
Kertas koran mempunyai kemampuan untuk menyerap kandungan air yang ada disekitarnya dan mengikatnya sehingga kandungan air di udara berkurang.

Manfaatkan Ampas Kopi atau Biji Kopi



Setelah pagi menyedu kopi,jangan dibuang ampasnya, jemur hingga kering, lalu tempatkan di ruangan yang mudah bau, seperti kamar mandi, dapur atau ruang tertutup dalam rumah yang minim fentilasi. Atau jika punya bubuk atau biji kopi yang sudah kadaluarsa, bisa juga digunakan sebagai penghilang bau tak sedap.

Manfaatkan Garam Dapur



Garam yang biasa dipakai untuk memasak juga bisa digunakan untuk mengurangi kelembaban. Taburkan garam dalam lemari atau rak tertutup yang lembab, jika garam menjadi basah, jemur hingga kering dan digunakan lagi. Usahakan gunakan garam yang butirannya agak kasar.

Membakar Lilin



Lilin selain berfungsi sebagai penerang dikala mati listrik, ternyata juga berguna untuk mengurangi kelembaban dalam ruangan. Api pada lilin dapat mengurangi kadar air dalam ruangan. Selain itu lilin juga bisa digunakan sebagai penghilang bau tak sedap. Untuk didalam dapur, nyalakan lilin parafin biasa atau lilin aroma setelah memasak untuk mengusir bau.

Meletakkan Arang Aktif



Arang aktif memiliki banyak rongga yang bisa menyerap kadar air dalam udara, dan memperbaiki kualitas udara dalam ruangan, membuat udara dalam ruangan menjadi lebih segar dan tidak bau.

Tips-tips diatas sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan, hampir semua bahan bisa didapat tanpa harus dibeli dengan harga mahal.

Selamat mencoba, ditunggu komen da sarannya ^^