Cara Memakai Minyak Esensial 1: Aromatik atau Aromaterapi

By | 11:55 AM Leave a Comment
Halo Pembaca,

Pasti sudah banyak yang tahu apa itu minyak esensial, dan mungkin sudah ada beberapa yang memiliki aroma favorit yang biasa digunakan. Tetapi tidak banyak yang tahu cara memakai minyak esensial ini. Ada 4 cara yang biasa digunakan yaitu aromatik, dioleskan, internal dan disekitar rumah. Tapi ingat, tidak semua minyak esensial dapat digunakan dengan cara-cara tersebut.

Mari kita dalami cara pertama dalam menggunakan minyak esensial yaitu:

Aromatik

Menggunakan alat difusi

Dihirup secara langsung: Bisa dilakukan dengan memegang botol dengan jarak beberapa senti dari hidung lalu menghirup aromanya, atau bisa juga dengan meneteskan 1 tetes ditelapak tangan lalu tangkupkan di area hidung dan mulut.

Dihirup secara tidak langsung: Tambahkan setetes minyak esensial pada saputangan, pakaian, rambut, bantal, dll untuk menghirup aroma dari minyak esensial. Atau bisa juga dengan meletakkan kain yang sudah ditetesi minyak esensial di depan kipas angin atau AC sewaktu beristirahat.
Uap Air Panas: Teteskan 1-3 tetes minyak esensial ke dalam 1 ember air panas, lalu tutupi kelapa dengan handuk dan hirup uap dari air tersebut.

Humidifier atau Alat Pelembab Udara: Cara pemakaiannya sama seperti alat difusi. Pilih alat yang dapat digunakan untuk minyak esensial, karena minyak esensial dapat merusak media plastik.

Gunakan sebagai Parfum, Cologne, Deodorant: Untuk parfum atau cologne, tambahkan 1-2 tetes lalu oleskan pada pergelangan tangan atau belakang telinga. Juga bisa dengan mencampur 10-15 tetes minyak esensial dengan 20-30 tetes vodka dan 1 sendok makan air suling untuk disemprotkan pada tubuh atau pakaian. Sedangkan untuk deodorant natural, bisa dioleskan langsung ke ketiak atau campurkan 3-4 tetes minyak esensial dengan 1 sendok makan minyak kelapa.
Penyegar Ruangan yang Natural: Daripada memakai pewangi kimia yang berbahaya, gunakan minyak esensial untuk menghilangkan bau tak sedap dalam ruangan. Campurkan 1/2 gelas alkohol 70% atau Vodka dengan 1/2 gelas air suling, lalu tambahkan 20-40 tetes minyak esensial  favorit Anda, setelah itu tuang dalam botol dekorasi dan tambahkan kurang lebih 10 batang bambu. Anda bisa meletakkannya di kamar mandi atau ruang tamu atau kamar tidur agar udara tetap segar dan bersih.

Dengan cara ini selain membuat ruangan harum dan segar, Anda juga bisa mendapatkan hal positid dari minyak esensial tersebut. Tetapi Anda harus memilih dengan tepat minyak esensial yang akan digunakan, karena jika sampai memakai akan timbul efek samping seperti pusing, mual, dll.

Menurut saya pribadi, penggunaan dengan nomor 3 dan 7 yang paling saya sukai dan sering gunakan di dalam rumah. Tips no 6 juga menarik untuk dicoba, sewaktu bepergian bisa dibawa dan digunakan sebagai parfum tetapi tetap mendapatkan khasiat baik dari minyak esensial.

Semoga artikel ini bisa membantu, ditunggu komen dan sarannya ^^

0 Comment:

Post a Comment