Tips Menghilangkan Komedo Hitam Secara Natural

Halo Pembaca,

Komedo adalah salah satu problem wajah yang cukup sering dialami oleh wanita maupun pria. Komedo disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup.

Komedo yang terbuka (Blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

sabun natural natural hut

Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil.

sabun natural natural hut

Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Komedo tidak hanya tumbuh diwajah, tetapi bisa juga dibagian tubuh yang lain, seperti punggung, dada ataupun bagian leher. Untuk menghilangkan komedo terbuka, Anda bisa mencoba perawatan natural yang sudah terbukti berhasil seperti dibawah ini.

Oatmeal Yogurt



sabun natural natural hut

Perpaduan oatmeal yogurt ini selain enak untuk disantap, tetapi juga sangat berguna untuk membersihkan pori-pori kulit. Campurkan 3 sendok makan yogurt (plain), 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok teh sari
lemon, dan 1 sendok teh minyak zaitun. Oleskan adonan ini pada kulit yang bermasalah, diamkan hingga 15-20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Bisa juga dengan menggunakan sabun oatmeal yang juga ampuh membersihkan pori-pori dari kotoran dan mencegah timbulnya blackhead.


Green Tea




sabun natural natural hut

Campurkan bubuk teh hijau dengan sedikit air hangat, oleskan pada kulit yang bermasalah, diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih. Gunakan juga sabun natural teh hijau, dengan scrub pada teh hijau selain dapat membersihkan pori-pori kulit juga memberikan asupan antioksidan pada kulit.

Kunyit Mint


sabun natural natural hut

Anda bisa membuat teh dari daun mint, lalu campurkan 1 sendok makan teh mint dengan 2 sendok makan bubuk kunyit lalu oleskan pada bagian kulit yang bermasalah, diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Untuk teh mint, jika kesulitan mendapatkan daun mint, bisa menggunakan mint essential oil. Pakai 1 tetes mint EO dengan 1 sendok makan air hangat atau minyak zaitun lalu campurkan dengan bubuk kunyit.

Madu dan Kayu Manis


sabun natural natural hut

Campurkan 1 sendok makan madu dan 1/2 sendok makan bubuk kayu manis, oleskan pada kulit yang dalam keadaan kering. Usap dengan gerakan memutar pada seluruh wajah selama 3 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Madu memiliki manfaat sebagai antibiotik alami dan dapat membersihkan kotoran pada pori-pori yang terbuka.

Putih Telur


sabun natural natural hut

Oleskan tipis putih telur pada bagian kulit yang bermasalah, diamkan hingga 2-3 menit. Setelah itu oleskan lagi putih telur yang tersisa, lalu diamkan selama 15 menit hingga kering atau hingga permukaan kulit yang diolesi putih telur menjadi licin dan kencang. Gunakan air hangat untuk membersihkan kulit.
Putih telur bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan mengangkat kotoran.

Lakukan perawatan ini dengan rutin, dan Anda akan mendapatkan kulit bersih tanpa komedo. Selamat mencoba~ Ditunggu komen dan sarannya ^^

Post a Comment

Previous Post Next Post