Kegunaan Minyak Esensial Citronella atau Sereh Wangi

By | 12:15 PM 4 comments
Halo Pembaca,

Di Indonesia, tanaman sereh banyak dikenal sebagai bumbu dapur. Wanginya yang segar dan kuat menggugah selera makan kita. Nama keren dari sereh yang sering digunakan sebagai bumbu dapur adalah Lemongrass. Selain Lemongrass atau sereh dapur ini masih ada 1 lagi tanaman sereh yang tidak dipakai sebagai bumbu, tetapi lebih banyak digunakan dalam aromaterapi, adalah citronella (sereh wangi). Kedua tanaman ini masih 1 keluarga, bentuk tanamannya pun hampir sama.

Kiri Lemongrass; Kanan Citronella

Citronella biasanya ditemui dalam bentuk minyak esensial, sering digunakan untuk minyak pijat, arometerapi dan pengusir nyamuk.

Jika melakukan pemijatan dengan minyak esensial citronella sebaiknya dicampur dengan minyak carrier seperti minyak zaitun, minyak almond, virgin coconut oil (VCO) atau yang lainnya untuk menghindari iritasi kulit.


Penggunaan minyak citronella paling banyak adalah untuk aromaterapi, dengan berbagai khasiat untuk menjernihkan pikiran akibat depresi, membuat tubuh yang lelah menjadi lebih rileks, mengurangi sakit kepala atau migran, dan juga bisa digunakan untuk mengobati flu ringan. Aromaterapi dengan minyak citronella juga dapat mengurangi rasa nyeri akibat haid.


Wangi dari citronella tidak disukai oleh nyamuk, oleh sebab itu banyak orang yang membuat spray dari campuran citronella untuk menghindari gigitan nyamuk. Jika dibandingkan dengan lotion nyamuk seperti A****, minyak citronella jauh lebih berkhasiat dan aman untuk anak-anak. Spray nyamuk dengan campuran minyak citronella, air, alkohol 70% ini bisa bertahan selama kurang lebih 1 jam untuk menghindarkan kita dari gigitan nyamuk. Dengan membuat sendiri spray nyamuk ini, Anda dan keluarga bisa memperkecil kemungkinan terserang demam berdarah atau malaria. Selain untuk manusia, minyak citronella juga bisa untuk mengusir kutu pada hewan kesayangan Anda.


Ada baiknya membiasakan diri untuk menggunakan dan membuat sendiri produk-produk non toxic yang aman bagi kesehatan.

Semoga bermanfaat, ditunggu komen dan sarannya ^^

4 comments: Leave Your Comments

  1. berarti penggunaan untuk pengusir nyamuk sama aroma terapi beda ya racikannya. kalo disatukan gitu gak bisa ya.. aromaterapi sekalian sama pengusir nyamuk...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak harus dibedakan, kalau ingin menggunakan campuran yang sama juga bisa. Hanya saja lebih baik disesuaikan dosisnya, supaya lebih terasa khasiatnya :)

      Delete
  2. Racikan untuk spray apakah bisa tanpa menggunakan alkohol? Agar lebih aman lagi dipakai oleh anak2

    ReplyDelete
  3. Racikan untuk spray apakah bisa tanpa menggunakan alkohol? Agar lebih aman lagi dipakai oleh anak2

    ReplyDelete