Membuat Pasta Gigi Sendiri Di Rumah

By | 3:34 PM 2 comments
Halo Pembaca,

Tahukah bahwa penggunaan SLS (Sodiun Lauryl Sulfate) tidak hanya ada pada sabun atau shampoo saja? Bahan kimia ini juga terdapat dalam pasta gigi yang kita pakai sehari-hari lho... bahkan pasta gigi anak-anak pun juga mengandung SLS. Selain SLS ada juga flouride yang sebenarnya berfungsi untuk mencegah kerusakan pada gigi, tetapi malah membuat kondisi gigi lebih buruk

Efek samping dari SLS sudah bukan rahasia lagi. Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa SLS bisa membahayakan kesehatan kita jika digunakan dalam waktu yang panjang.

Tertarik untuk membuat pasta gigi yang bebas dari SLS dan bahan kimia lainnya? Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan Utama:

Baking Soda


Untuk Baking Soda jangan sampai tertukar dengan Baking Powder. Siapkan 15gr Baking Soda
Baking Soda dapat berfungsi untuk menghilangkan plague pada gigi dan memutihkan gigi.

Virgin Coconut Oil (VCO)


Gunakan VCO dan jangan minyak kelapa biasa. VCO bisa didapat di supermarket besar seperti Sogo, Farmers atau Carrefour. Siapkan 15gr. Perbandingannya sama dengan baking powder. VCO dapat melawan kerusakan pada gigi dengan menyerang bakteri perusak gigi. Penggunaan VCO pada pasta gigi banyak dipakai sebelum munculnya pasta gigi modern sekarang ini. VCO adalah pengganti flouride dalam pasta gigi.

Bahan Tambahan (optional):

Peppermint Essential Oil / Peppermint Ekstrak


Untuk menambah sensasi dingin dan rasa segar pada pasta gigi. Jika menggunakan ekstrak peppermint bisa ditambahkan sesuai selera, tapi untuk amannya tambahkan dulu 1 sendok teh. Jika menggunakan minyak esensial, tambahkan 3 tetes saja, maksimal 5 tetes. Minyak esensial yang alami berkonsentrat tinggi, maka penggunaan harus dikontrol untuk menghindari over dosis. Minyak esensial peppermint juga berfungsi sebagai antibakteri, sehingga bisa membunuh kuman pada mulut dan membuat nafas lebih segar. Minyak esensial lemon juga bisa ditambahakn, misalnya dengan perbandingan 3 tetes peppermint dan 2 tetes lemon.

Garam


Usahakan gunakan garam yang alami atau sea salt (garam laut) yang butirannya halus. Gunakan secukupnya saja sesuai kuantitas pasta gigi yang dibuat, agar tidak terlalu asin. Untuk resep ini tambahkan 1/2 sendok teh saja. Garam bisa membantu membunuh kuman pada rongga mulut dan menguatkan gusi.

Xylitol


Xylitol berfungsi sebagai pemanis alami yang baik untuk kesehatan rongga mulut. Tidak seperti pemanis pada umumnya, xylitol dapat mencegah perkembangan bakteri pada rongga mulut.

Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti minyak zaitun, madu (alami), bubuk arang aktif, dll. Jika pasta gigi yang dihasilkan terlalu kental, bisa ditambahkan air suling hingga kekentalan pasta gigi sesuai dengan keinginan.

Walaupun dalam bahan-bahan yang disebutkan diatas sepertii Baking Soda dan Xylitol termasuk bahan kimia, tetapi masih tergolong alami dan tidak akan menimbulkan efek yang bisa merusak kesehatan tubuh.

Selamat Mencoba ^^
Ditunggu komen dan sarannya~


2 comments: Leave Your Comments

  1. assalamualaikum. makasih artikelnya kak membantu sekali. oh iya, kalo resep diatas itu nanti kira-kira dapet berapa pasta gigi ? misalnya 1 bungkusnya 75g ?

    ReplyDelete
  2. Kak itu daya tahan nya brrapa lama

    ReplyDelete