Penyebab Kulit Menjadi Kering dan Cara Mengatasinya

Halo Pembaca,

Setiap tipe kulit memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perawatan kulit yang tepat menjadi sangat penting untuk menjaga agar terhindar dari masalah kulit akut. Untuk tipe kulit kering, jika tidak dijaga dengan baik, kulit akan mudah mengelupas dan bersisik. Bahkan saat mencapai usia tertentu kerutan diwajah pun akan lebih mudah nampak.


 perawatan kulit alami natural sabun natural

Selain menjaga agar kulit tetap terjaga kelembabannya dengan cream, serum dan vitamin kulit, masih ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan:

Cukupi Asupan Air


perawatan kulit alami natural sabun natural

Kurangnya asupan air dalam tubuh bisa menjadi penyebab kulit menjadi kering. Sebab kandungan air dalam tubuh akan terus keluar melalui lubang pori-pori kulit dan air seni, jika kita tidak mencukupi jumlah air dalam tubuh maka tubuh akan kekurangan cairan, begitu juga dengan kulit kita. Bagi Anda yang beraktivitas tinggi dan juga sering berada di paparan sinar matahari yang panas, minumlah air sebanyak mungkin utnuk membantu masalah yang satu ini. Minumlah setidaknya 8 gelas air sehari, untuk menjaga kelembaban kulit.

Ruangan Ber-AC


Orang yang cenderung lebih banyak berada dalam ruangan ber AC kulitnya lebih rentan kering dibanding yang tidak. Udara yang dikeluarkan melalui AC adalah udara kering, oleh sebab itu mata kita lebih mudah kering saat kita berada di ruangan ber AC, begitu juga dengan minyak alami yang melembabkan kulit akan ikut hilang sehingga menyebabkan kekeringan. Jika Anda bekerja dalam ruangan full AC, usahakan untuk rajin mengoleskan pelembab ke bagian kulit yang terbuka agar tidak menjadi semakin kering. Gunakan pelembab yang mudah diserap oleh kulit seperti VCO (Virgin Coconut Oil).

Penyumbatan Pori-Pori


Pori-pori yang tersumbat bisa menyebabkan keringat tersumbat dan akhirnya menyebabkan kekeringan pada kulit. Untuk menghindari masalah ini, rajin bersihkan make up setiap hari setelah beraktifitas dan jangan gunakan make up yang terlalu tebal agar kulit tetap bisa bernafas.

Mandi Dengan Air Panas


perawatan kulit alami natural sabun natural


Pada saat udara sedang mandi dengan air panas memang akan lebih menyenangkan dibandingkan dengan air dingin. Tetapi air panas bisa menyebabkan kulit menjadi semakin kering. Untuk menghindari hal tersebut, setelah mandi dengan air panas dan mengeringkan tubuh langsung oleskan pelembab, jangan tunggu sampai kulit terasa kering baru mengoleskan. Atau kurangi suhu air, jangan terlalu panas, agar minyak alami yang dihasilkan tubuh tidak hilang tersiram air panas.

Pengelupasan Yang Berlebihan


perawatan kulit alami natural sabun natural

Melakukan scrub memang bagus untuk menjaga kelembutan kulit dan menghilangkan sel-sel mati. Namun, jika Anda terlalu sering melakukannya, ini akan menyebabka kulit menjadi kering. Kulit yang baru saja mengelupas sangat sensitif, apalagi saat terkena panas. Ini akan menjaid lebih cepat kering daripada yang tidak. Scrub sebaiknya dilakukan 1x dalam seminggu dan gunakan scrub dengan bahan alami.

Semoga bermanfaat ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Sumber

Post a Comment

Previous Post Next Post