Bahan Alami Yang Bermanfaat Sebagai Sunblock

By | 1:15 PM 1 comment
Halo pembaca,

Berjemur dibawah sinar matahari pagi yang kaya akan vitamin D, terbukti baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi tidak selamanya berjemur itu menyehatkan, ada periode waktu dimana paparan sinar matahari sangat terik dan berbahaya bagi kulit. Periode waktu tersebut adalah menjelang siang sekitar pukul 10:00 sampai 14:00. Jika ingin bepergian pada jam-jam ini sebaiknya bawalah payung, kenakan topi atau baju berlengan panjang warna cerah untuk menghindari paparan sinar UV langsung dikulit. Berada dibawah terik sinar matahari bukan hanya membuat kulit menjadi lebih gelap, tetapi juga bisa menimbulkan flek hitam, kerutan, dan bahkan kanker kulit.


perawatan natural kulit alami tabir surya sinar uv sabun natural

Untuk itu perlindungan kulit dari sinar UV sangat diperlukan. Salah satu cara yang paling banyak digunakan adalah dengan mengoleskan sunblock. Sesuai saran pemakaian, sun block dioleskan setidaknya 1,5 jam sebelum bepergian. Seiring dengan semakin majunya ilmu pengetahuan, kini juga terdapat sunblock spray yang cukup disemprotkan 30 menit sebelum bepergian. Biasanya kita cenderung memilih sunblock dengan SPF (Sun Protection Factor) tinggi yang lebih efektif melindungi kulit dari sinar matahari. Tetapi sayangnya sunblock yang dijual dipasaran banyak mengandung bahan kimia yang tidak ramah bagi kulit.


perawatan natural kulit alami tabir surya sinar uv sabun natural

Ingin tahu bahan alami apa saja yang dapat melindungi kulit dari sinar UV? Silahkan simak penjelasan berikut ini:

Minyak kelapa

Selain dapat menjaga kelembaban kulit, minyak kelapa juga memiliki fungsi sebagai SPF alami, pelindung alami dari sinar matahari.

Shea Butter

Sama seperti minyak kelapa, pelindung alami bagi kulit. SPF shea butter ini berkisar antara 4-6.

Jojoba Oil dan Minyak biji bunga matahari

Kedua minyak ini mudah diserap oleh kulit dan mampu melindungi kulit dari sinar matahari.

Minyak esensial Eucalyptus dan Lavender

Walaupun memiliki SPF rendah tetapi Eucalyptus juga dapat bermanfaat untuk melindungi kulit. Minyak esensial Lavender dapat menyejukkan dan memperbaiki kulit.

Minyak biji buah frambos (Rapsberry Seed Oil)


perawatan natural kulit alami tabir surya sinar uv sabun natural

Minyak biji buah frambos ini harganya sangat mahal. Tetapi merupakan pelindung alami kulit dari sinar matahari yang sangat baik. SPF 25-50

Minyak biji wortel


perawatan natural kulit alami tabir surya sinar uv sabun natural

Seperti yang kita ketahui wortel tidak memiliki biji. Biji yang dimaksud di sini berasal dari bunga tanaman wortel. Minyak biji wortel ini harganya cukup mahal, tetapi sangat baik untuk melindungi kulit dari sinar matahari. SPF dari minyak ini berkisar antara 30-40.

Non Nano Zinc Oxide

Bubuk berwarna putih ini sangat efektif sebagai sun block, berada di lapisan kulit paling luar melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Pastikan untuk memakai NON NANO zinc oxide, karena partikel yang masuk kategori non nano adalah partikel yang memiliki butiran lebih besar dari 100nm (nanonemter). Semakin besar ukuran partikel zinc oxide akan semakin baik, karena partikel yang masuk dalam kategori nano butirannya terlalu halus sehingga dapat masuk kedalam tubuh melalui kulit dan membahayakan kesehatan tubuh. SPF zinc oxide ini berkisar antara 2-20. Jika ingin membuat sunblock dengan SPF yang tinggi tambahkan komposisi zinc oxide hingga maksimal 20% dari berat total sunblock.

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

1 comment: Leave Your Comments

  1. Hemm... thanks ya infonya.. tapi selain minyak2an diatas, ada juga loh sunblock alami untuk kita dari sayuran... cek disini >> http://www.cantiknyakulitsehat.com/food/konsumsi-brokoli-agar-kulit-bersih-dan-bercahaya/

    ReplyDelete