Air Beras, Perawatan Alami Untuk Kulit dan Rambut

By | 11:15 AM Leave a Comment
Halo Pembaca,

Mengenal berbagai alternatif perawatan natural untuk kulit dan rambut tidak hanya membuat penampilan tampak lebih awet muda, menarik dan segar, tetapi juga membawa dampak yang lebih positif untuk kesehatan lingkungan.

Perawatan alami yang akan dibahas kali ini adalah air beras. Pasti sudah banyak yang tahu bahwa air beras memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Saya ingat dulu sewaktu kecil penah melihat iklan produk kecantikan yang menampilkan seorang kakek tua yang memiliki tangan halus, karena setiap hari tangannya terendam dalam air beras. Air beras merupakan hasil fermentasi dari air rendaman beras yang sudah agak asam. Kandungan pati dalam air beras sangat tinggi, yang membuat air beras menjadi kaya akan antioksidan, vitamin E, mineral dan sebuah zat yang bernama pitera yang terbentuk pada proses fermentasi berlangsung. Zat pitera ini, juga sering kita dengar saat melihat iklan S*II. Zat ini diketahui dapat memperbaiki sel kulit dan menghambat penuaan kulit.

perawatan kulit rambut natural alami air beras

Air beras dapat membuat kulit menjadi lebih cerah, lembut, kenyal, mengecilkan pori-pori, menghilangkan kerutan, dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Selain kulit, air beras juga baik untuk perawatan rambut, terutama karena kandungan protein didalamnya bermanfaat untuk memperbaiki rambut rusak dan membuat rambut lebih lembut dan bercahaya. Dengan penggunaan secara teratur dan dalam jangka waktu yang lama, air beras dapat membuat rambut lebih hitam bahkan saat usia Anda memasuki fase penuaan (rambut beruban).


perawatan kulit rambut natural alami air beras

Membuat air beras sendiri dirumah bukanlah tidak mungkin. Yang dibutuhkan hanyalah beras putih organik dan air bersih. Membuat air beras ini tidak membutuhkan tenaga ekstra, karena hampir setiap hari kita mencuci beras untuk memasak nasi. Berikut langkah-langkahnya:


Langkah pertama adalah rendam beras dengan air. Jumlah air harus cukup untuk sampai semua beras terendam dalam air


Langkah kedua, lakukan gerakan seperti mencuci beras sampai air berubah menjadi keruh, lalu buang air tersebut. Perhatikan agar beras tidak ikut terbuang.


Langkah ketiga, tuangkan lagi jumlah air yang sama pada beras, lalu aduk beberapa kali. Diamkan selama 10 menit.


Langkah keempat. Setelah 10 menit, aduk kembali beras lalu gunakan untuk membilas rambut setelah keramas atau membilas wajah.


Air beras ini bisa digunakan untuk membilas rambut setelah keramas. Setelah digunakan untuk membilas, diamkan selama 2-5 menit, lalu bilas dengan air bersih. Selain itu, gunakan juga untuk membilas wajah.

Air beras bisa disimpan dalam botol dan ditutup rapat. Untuk menjaga agar tidak mudah rusak, tambahkan juga minyak esensial tea tree atau lavender agar lebih awet. Usahakan jangan disimpan terlalu lama, dan sebaiknya jangan lebih dari 1 minggu.

Semoga tips kali ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

0 Comment:

Post a Comment