Memahami Pentingnya Menjaga Keseimbangan PH Kulit dan Rambut

Halo Pembaca,

PH (Power of Hydrogen atau Potential Hydrogen) dibagi menjadi 3 tingkat, yaitu asam, netral dan alkali.

perawatan natural rambut kulit

Kulit kita berada PH 5.5, cenderung agak sedikit asam. Keasaman kulit ini berasal dari asam amino dan asam laktat yang dihasilkan dari keringat. Kedua asam ini membentuk lapisan minyak tipis sebagai pelindung yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit. Dengan demikian jika PH sabun yang digunakan terlalu tinggi (9-10) atau PH sabun berada di tingkat alkali, mengakibatkan terkikisnya lapisan minyak pelindung dan membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu pilihlah sabun dengan PH mendekati netral atau dibawah 8, dimana sabun tersebut cukup efektif untuk membersihkan kotoran yang menempel, tetapi kelembaban kulit tetap terjaga.


Lalu bagaimana dengan rambut kita? Sama seperti kulit, rambut kita juga bersifat asam, hanya saja keasaman rambut lebih tinggi dibandingkan dengan kulit, yaitu berkisar antara 4,5. Keasaman rambut memiliki manfaat untuk menjaga agar rambut terhindar dari infeksi kuman, bakteri dan jamur. Selain itu juga dapat menjaga agar batang rambut tetap sehat dan kutikula rambut tetap tertutup, sehingga rambut terhindar dari masalah kerontokan dan kekeringan. Oleh karena itu, PH normal rambut perlu dijaga agar rambut tetap sehat.


perawatan natural rambut kulit

Perubahan PH rambut selain bisa mengakibatkan kerontokan rambut, juga dapat mengakibatkan masalah kulit kepala atau ketombe. Penyebab naiknya PH rambut dikarenakan oleh produk rambut yang digunakan. Obat pengeriting, pelurus dan pewarna rambut memiliki potensi tinggi untuk mempengaruhi PH natural rambut menjadi bersifat alkali. Oleh sebab itu untuk menjaga agar PH rambut tetap normal, gunakan gel lidah buaya atau cuka apel atau sari lemon sebagai conditioner alami. Dengan menggunakan bahan yang bersifat asam, tidak hanya PH rambut tetap terjaga, tetapi sisa-sisa bahan kimia yang masih tertinggal di rambut akan terkikis dan rambut akan lebih mudah diatur dan sehat.


FYI: PH rambut dapat diukur saat rambut dalam kondisi basah.

Semoga tips kali ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba ^^
Ditunggu komen dan sarannya~~

Post a Comment

Previous Post Next Post