Tips Mengatasi Masalah Kuku Rapuh Dengan Bahan-bahan Alami

Halo Pembaca,

Perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami tidak hanya membuat kulit lebih terlihat lebih sehat, tetapi juga dapat memberikan perbaikan pada kulit yang mengalami masalah. Perawatan alami tidak terbatas hanya pada kulit saja, tetapi juga untuk perawatan seluruh tubuh seperti rambut atau kuku.

perawatan natural alami kuku rapuh natural hut

Kali ini saya ingin membahas tentang tips-tips alami untuk membantu mengatasi masalah kuku yang rapuh atau mudah patah.


1. Minyak Kelapa (Coconut Oil)


perawatan natural alami kuku rapuh natural hut

Kandungan lemak jenuh pada minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil-VCO) bermanfaat sebagai pelembab yang paling efektif, dan juga dapat mencegah timbulnya infeksi pada kuku. Cara penggunaannya adalah
  • Hangatkan minyak kelapa secukupnya dan oleskan pada kuku, lalu pijat-pijat selama 5 menit supaya dapat terserap oleh kuku. Langka ini selain dapat menjaga kelembaban kuku juga dapat melancarkan peredaran darah. Gunakan 2-3x sehari.
  • Campurkan minyak kelapa hangat (secukupnya) dengan 3-4 tetes jus lemon dalam mangkok kecil. Lalu rendam kuku selama 10 menit, sebelum tidur. Setelah itu gunakan plastik wrap atau sarung tangan  dan diamkan selama 1 malam.
Lakukan langkah ini selama beberapa minggu sampai kuku menjadi lebih sehat dan kuat.


2. Minyak Vitamin E


perawatan natural alami kuku rapuh natural hut

Permasalahan utama dari kuku yang rapuh adalah karena kurangnya kelembaban kuku, dan vitamin E merupakan salah satu solusi terbaik untuk menjaga kelembaban kulit. Selain itu vitamin E juga membantu memperkuat dan menutrisi kuku dan kutikula pada kuku. Anda bisa membeli langsung minyak vitamin E botolan atau yang dalam bentuk kapsul.

Cara penggunaannya adalah oleskan minyak vitamin E pada kuku malan hari sebelum tidur. Seperti tips diatas, pijat dengan lembut selama 5 menit untuk meningkatkan sirkulasi darah. Lakukan perawatan ini selama 1-2 minggu untuk melihat perubahannya.

Untuk mendapatkan manfaat lebih, juga bisa dengan mengkonsumsi vitamin E sebagai supplement.


3. Tea Tree Oil


perawatan natural alami kuku rapuh natural hut

Minyak esensial tea tree sangat banyak disegani oleh penggemar minyak esensial karena kadungan antiseptiknya yang sangat kuat sehingga dapat melawan berbagai masalah kulit, rambut dan kuku. Untuk kuku rapuh juga bisa memanfaatkan minyak esensial tea tree. Cara pengunaannya juga cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 1/2 sendok teh minyak vitamin E dengan 3-4 tetes minyak esensial tea tree. Pijat dengan lembut campuran minyak tersebut pada kulit selama 5 menit. Lalul diamkan selama 30 menit. Setelah itu gunakan air hangat untuk membersihkan sisa minyak yang tertinggal.

Lakukan perawatan ini 2x sehari, selama 1 bulan atau sampai kuku menjadi lebih sehat dan kuat.

4. Lemon Juice


perawatan natural alami kuku rapuh natural hut

Untuk menguatkan dan meningkatkan kondisi kuku yang rapuh, jus lemon merupakan salah satu solusi terbaik. Selain itu juga dapat membantu membuat kuku tampak lebih berkilau dan cerah. Cara penggunaannya hampir sama dengan saat menggunakan minyak kelapa.

Campurkan 1 sendok makan jus lemon dengan 3 sendok makan minyak zaitun. Masukkan dalam sebuah mangkuk dan hangatkan dengan menggunakan microwave atau double boiler. Oleskan pada kuku, lalu bungkus dengan sarung tangan atau plastik wrap dan diamkan selama semalam.

5. Bir


perawatan natural alami kuku rapuh natural hut

Dalam minuman beralkohol ini banyak mengandung selenium, potasium, fosfor dan biotin, yang dapat membantu membuat kuku menjadi lebih kuat dan sehat. Untuk membuat campuran ini:
Pertama, hangatkan 1/4 gelas minyak zaitun.
Kedua, Campurkan dengan 1/4 gelas cuka apel dan 1/2 gelas bir.
Terakhir, rendam kuku dalam campuran tersebut selama 10-15 menit.

Lakukan langkah ini selama 1 atau 2x dalam seminggu secara rutin hingga tampak perubahan pada kuku.

Semoga tips kali ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Post a Comment

Previous Post Next Post