Essential Oil untuk Menurunkan Berat Badan

By | 1:35 PM Leave a Comment

Haloo pembaca..

Punya badan yang tidak ideal pasti menjadi alasan yang paling berat untuk tampil percaya diri, terkadang sudah diet ketat tapi tetap saja tidak ada hasilnya.

Image result for menurunkan berat badan
Nah, Essential oil merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan.
Namun perlu dipahami, menggunakan essential oil bukan berarti Anda akan mengalami penurunan berat badan 10 atau 20 kg dengan cepat.

Fakta sesungguhnya, essential oil bisa membantu tubuh membuang beberapa kilogram, ditambah mendukung tubuh untuk menurunkan berat badan dengan sehat.


Ada 3 essential oil yang mampu meembantu menurunkan berat badan, apa aja sih?


1. Grapefruit Oil



Grapefruit essential oil bekerja dengan mengaktifkan enzim yang membantu tubuh memecah lemak tubuh.
Grapefruit memang telah diketahui secara luas mampu menurunkan berat badan.
Grapefruit essential oil berasal dari kulit buah yang memiliki kandungan senyawa tertentu seperti D-limonene yang membantu mendukung metabolisme serta memperlancar kinerja kelenjar limfatik.
Ketika dioleskan pada kulit dalam jumlah kecil, grapefruit merupakan stimulan diuretik dan limfatik yang baik.
Fakta ini merupakan alasan mengapa grapefruit dijadikan sebagai bahan dalam banyak krim selulit dan campuran yang digunakan untuk dry brushing.
Karena semua alasan tersebut, grapefruit oil merupakan salah satu minyak esensial utama yang dapat membantu tubuh membakar lemak dan menurunkan berat badan karena mengaktifkan enzim dalam air liur yang membantu memecah lemak tubuh.
Ketika dicampur dengan patchouli oil, grapefruit oil diketahui mampu meredam nafsu makan sehingga menjadi cara efektif menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat.
Tambahkan beberapa tetes grapefruit essential oil ke air minum, difusikan di kantor atau rumah, atau pijatkan ke dada dan pergelangan tangan ketika keinginan untuk ngemil terus muncul.


2. Cinnamon Oil




Minyak esensial terbaik kedua untuk mendukung penurunan berat badan adalah cinnamon oil (minyak kayu manis).
Cinnamon oil telah terbukti dari waktu ke waktu membantu mengatur kadar glukosa darah dan substansi dalam tubuh yang disebut GTF atau glucose tolerance factor.
Untuk alasan tersebut, cinnamon oil juga amat cocok digunakan oleh orang dengan diabetes.
Minyak esensial ini membantu menjaga keseimbangan gula darah, yang dalam jangka panjang akan membantu menurunkan berat badan dan membantu mengurangi ketagihan gula.
Gula darah yang tidak stabil dapat menyebabkan makan berlebihan, energi yang rendah dan penambahan berat badan.
Menambahkan cinnamon oil pada buah, teh, kue atau makanan lain akan membantu memperlambat tingkat pelepasan glukosa ke dalam darah.


3. Ginger Oil




Minyak esensial ketiga yang mendukung tubuh menurunkan berat badan adalah ginger essential oil (minyak jahe).
Jahe berfungsi mengurangi keinginan akan gula dan membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.
Saat ingin menurunkan berat badan, penting untuk juga mengurangi peradangan, dan mendukung pencernaan serta proses penyerapan nutrisi.
Senyawa dalam jahe disebut gingerol. Gingerol telah terbukti secara ilmiah mengurangi peradangan penyebab penyakit dalam usus dan secara keseluruhan meningkatkan penyerapan vitamin serta mineral.
Jika tubuh menyerap lebih banyak vitamin dan mineral, maka kebutuhan nutrisi sel akan terpenuhi sehingga membantu produksi energi untuk menurunkan berat badan.
Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Physiology and Pharmacology menyimpulkan ginger essential oil memiliki aktivitas antioksidan serta sifat anti-inflamasi dan antinociceptive signifikan.
Setelah dirawat dengan ginger essential oil selama satu bulan, kadar enzim diketahui meningkat dalam darah tikus percobaan.
Pemberian minyak jahe juga mengurangi radikal bebas sehingga menurunkan peradangan akut secara signifikan.


Cara Menggunakan Essential Oil untuk Menurunkan Berat Badan
Jadi ingin menurunkan berat badan menggunakan essential oil, Anda disarankan memilih grapefruit oil, cinnamon oil dan ginger oil.
  • Anda bisa menggunakannya dalam bentuk essential oil blend (campuran esensial oil) atau dapat pula digunakan secara individual.
  • Anda dapat menambahkan masing-masing satu tetes dalam air dan meminumnya, atau bisa pula mengoleskannya secara topikal atau mendifusikannya ke ruangan.
  • Ketika hendak mengoleskannya secara topikal, disarankan untuk mengencerkan essential oil menggunakan carrier oil seperti minyak kelapa, terutama ketika Anda menggunakan cinnamon oil.
  • Atau, Anda bisa pula mendifusikannya ke rumah atau kantor untuk mendapatkan manfaat yang sama.
Untuk menurunkan berat badan, grapefruit, cinnamon dan ginger merupakan essential oil yang dinilai paling efektif. Yuk ladies, mulai perhatikan bentuk tubuhmu yaa...