Sedang Populer, Ini Manfaat Bunga Shaffron Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

By | 12:50 PM Leave a Comment
Tren kecantikan memang sedang menarik atensi. Kali ini, bunga saffron menjadi salah satu bahan alami yang disebut-sebut kaya akan kandungan baik dan bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.
Bunga saffron atau crocus sativus merupakan sebuah tanaman yang mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, kalori, dan non-kolestrol. Selain itu didalam serat nya juga terkandung kalsium, zinc, magnesium, dan tembaga.

Safron dinyatakan sebagai rempah termahal di dunia karena harganya yang cukup tinggi yakni bisa mencapai hingga Rp 500ribu pergramnya. Selain jadi bumbu masak, rempah ini juga kerap digunakan untuk obat tradisional yang baik untuk kesehatan. Simak yuk, beragam manfaat bunga saffron yang baik untuk kesehatan hingga kecantikan ini.

Hasil gambar untuk khasiat saffron untuk kecantikan
  • Manfaat Saffron Untuk Kecantikan
1. Mencerahkan Kulit
Salah satu manfaat saffron untuk kecantikan adalah mencerahkan kulit. Saffron memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang akan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan mempengaruhi pigmen kulit.

2. Mengurangi Jerawat
Salah satu manfaat saffron untuk kecantikan adalah herbal ini bisa dijadikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah jerawat. Dalam saffron terdapat kandungan anti bakteri yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang membuat saffron sangat ampuh untuk mengatasi jerawat.

3. Mengatasi Mata Panda
Mata panda adalah kondisi mata yang di sekitarnya terdapat warna hitam karena kurang tidur. Kondisi ini sangat mengganggu karena membuat anda terlihat tidak fresh. Nah, saffron bisa menjadi solusi untuk masalah ini.


Tiga manfaat diatas merupakan beberapa khasiat saffron untuk kecantikan, namun selain itu masih banyak khasiat lainnya yang bisa didapatkan dari bunga saffron.
  • Manfaat Saffron Untuk Kesehatan
1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Hal ini karena bunga saffron memiliki kandungan antioksidan yang beragam seperti crocin, crocetin, safranal dan kaempferol yang bisa langsung didapatkan setiap kali mengkonsumsi bunga saffron.

2. Pencegah Kanker
Saffron kaya akan antioksidan, yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya. Kerusakan radikal bebas telah dikaitkan dengan penyakit kronis, seperti kanker.

3. Meningkatkan Mood dan Mengobati Gejala Depresi.
Sebuah studi menyebutkan, mengonsumi 30 mg saffron setiap hari sama efektifnya dengan Fluoxetine, Imipramine, dan Citalopram, semacam pengobatan konvensional untuk depresi.
Kelopak bunga saffron yang terlihat seperti benang bisa mengurangi gejala depresi ringan hingga sedang yang dialami seseorang. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk menguatkan argument tersebut.

4. Mengurangi Gejala Pms
Pramenstrual syndrome (PMS) adalah istilah yang menggambarkan gejala fisik emosi dan psikologis wanita yang terjadi sebelum dimulainya periode menstruasi, Salah satu studi menyebutkan, saffron dapat membantu mengobati gejala PMS. Pada wanita usia 20-45 tahun, mengonsumsi 30mg saffron setiap hari efektif dibanding plasebo dalam mengobati gejala PMS, seperti iritabilitas, sakit kepala, mual dan nyeri. Studi lain menemukan bahwa mencium safron selama 20 menit membantu mengurangi gejala PMS seperti kecemasan dan menurunkan kadar hormon sress kortisol.

5. Meningkatkan Daya Ingat
Sifat antioksidan yang ada pada bunga saffron dapat meningkatkan kognisi pada orang dewasa yang memiliki penyakit Alzheimer.


Namun Perlu di ingat, konsumsi saffron dalam dosis besar dapat mengakibatkan kematian, selalu konsultasikan padda dokter saat hendak mengkonsumsinya ya!

0 Comment:

Post a Comment