Berbagai Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Garam

Merendam kaki di larutan air garam hangat, hal tersebut dalam ilmu kesehatan dinamakan hidroterapi. Hidroterapi sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu dengan mandi, mengompres dan merendam kaki dengan air hangat, Teknik ini sudah dikenal sejak zaman yunani. 
Air garam bersifat ionik dan akan mengeluarkan racun dengan cara memaksa racun keluar melalui kaki. Air garam hangat akan menghasilkan ion positif dan negatif didalam air. Pakar kesehatan menyebut air garam yang dipakai untuk merendam kaki bersifat antiseptik, yang bisa mengatasi infeksi yang terjadi pada kaki. Bahkan, bagi mereka yang mengalami masalah eksim pada kulit. Berikut manfaat yang bisa didapatkan dari merendam kaki di air garam.
Gambar terkait

1. Menghilangkan Bau Kaki
Kondisi kaki yang lembap karena tertutup sepatu sepanjang hari menjadi tempat yang sempurna untuk perkembangbiakan bakteri. Pertemuan bakteri dan keringat yang keluar dari pori-pori kaki menyebabkan munculnya bau tidak sedap pada kaki. Salah satu cara menghilangkan bau kaki adalah dengan merendam kaki ke dalam air garam.

2. Untuk Merawat Kebersihan dan Kesehatan Kuku
Merendam kaki ke dalam air garam hangat merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan kuku kaki. Merendam kaki di dalam air garam sebelum menggunting kuku kaki akan membuatnya lebih lunak sehingga mudah untuk dirapihkan. Hal ini terutama bagi yang berkuku tebal dan susah dipotong.

3. Mengurangi Pembekakan dan Nyeri Pada Kuku Yang Tumbuh Ke Dalam
Kuku kaki yang tumbuh ke dalam atau cantengan memang terasa menyakitkan. Karena itu, sebelum terjadinya infeksi lebih lanjut, disarankan untuk melakukan perawatan sendiri dirumah dengan merendam kaki kedalam air garam hangat.

4. Mengatasi Kaki Pecah-pecah
Anda dapat mengatasi kaki kering dan tumit pecah-pecah dengan merendam kaki pada air garam hangat. Cara ini juga dapat membuat kaki menjadi rileks.

5. Mengatasi Infeksi Jamur pada Kaki
Obat antijamur topikal dapat mengatasi infeksi jamur, tapi jika anda lebih menyukai perawatan sederhana dirumah sambil bersantai, maka cobalah dengan merendam kaki dengan air garam hangat untuk mengurangi lecet.

Post a Comment

Previous Post Next Post