Cara Membuat Masker Tradisional Alami Untuk Kulit Putih Berseri

By | 2:02 PM Leave a Comment

Memiliki kulit yang cantik dan sehat tentu saja merupakan impian setiap wanita. Oleh karena itu tidak jarang di temui perawatan-perawatan kecantikan termasuk juga produk-produk kecantikan kimiawi yang beredar di pasaran. Namun, dalam menggunakan produk kimiawi yang bisa membuat kulit putih secara instant ini tentu saja cukup berbahaya. Dalam hal ini sebenarnya banyak yang sudah menggunakan bahan-bahan kecantikan sejak dulu salah satunya adalah bedak dingin. Menggunakan bedak dingin dapat mencegah pengaruh buruk sengatan sinar matahari yang mengakibatkan kulit kusam, salah satu bahan yang sering di gunakan untuk membuat bedak dingin adalah tepung beras.


Mungkin anda akan merasa aneh ketika mendengar jika tepung beras dijadikan sebagai lulur. Memang dalam tradisi masyarakat indonesia beras hanya digunakan sebagai bahan makanan pokok yang sering dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada masyarakat jepang beras yang kita makan ternyata tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok disana, melainkan beras juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kulit tetap sehat dan cantik. Berikut adalah cara membuat nya.

- Tepung Beras 200gr 

(lebih baik menggunakan tepung beras buatan sendiri)

- 1 Buah Bengkoang (potong-potong)

- 2 Ruas Kencur.


Cara Membuat dan Cara Penggunaan: 

- Haluskan bengkoang & kencur menggunakan blender (tambahkan air secukupnya)

- Setelah halus tuang kedalam wadah dan campurkan dengan tepung beras. Aduk hingga merata.

- Setelah semua bahan tercampur rata masker bisa langsung di gunakan. 


- Jika ingin di simpan, jemur saja hingga kering.

- Jika campuran masih terasa cair tambahkan lagi tepung beras secukupnya, hingga bisa di bentuk bola-bola kecil agar dapat di jemur & awet lama.

- Setelah kering simpan diwadah kering dan kedap udara, awet 1-2 bulan.

- Jika kamu ingin menggunakan masker yang sudah kering, ambil 2 atau 3 bola atau lebih sesuai kebutuhan jika ingin di gunakan untuk tubuh juga. Larutkan dengan air mawar atau air mineral secukupnya.

- Boleh ditambahkan air perasan jeruk nipis untuk kulit beminyak & madu untuk kulit kering.

- Usapkan merata pada wajah atau tubuh yang sudah dibersihkan, diamkan 30 menit.

- Bilas dengan air mengalir. Gunakan 3 kali seminggu.


Manfaat masker ini:

  • Kandungan tepung beras memiliki khasiat mencerahkan dan menjadikan awet muda. Merangsang pertumbuhan sel dan memperlambat proses penuaan. Sebagai pelembab alami yang berfungsi  untuk melembutkan kulit dan mencegah iritasi.
  • Sedangkan bengkoang mengandung antioksidan dan kandungan saponin pada umbi bengkoang merupakan natural cleansing yang mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran dengan baik.
  • Kencur bersifat antioksidan dan antimikroba yang dapat menghambat produksi melanin. Selain itu kencur juga bersifat sebagai anti UV dan dapat meningkatkan produksi colagen pada kulit sehingga kulit menjadi lebih elastis.
  • Manfaat yang kamu dapatkan dengan perawatan rutin masker ini adalah dapat mengencangkan kulit wajah, mengatasi jerawat dan bekas jerawat, memudarkan flek hitam, memutihkan wajah, memudarkan kantung mata dan mengurangi produksi minyak di wajah.
Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai referensi, selamat mencoba :)

0 Comment:

Post a Comment