Ciri-Ciri Kuku yang Tidak Sehat

By | 11:37 AM Leave a Comment

Tahukah kamu... Kuku bisa memberi petunjuk tentang kondisi kesehatan tubuh kita. Mungkin kamu sering mendengar contoh kuku yang tidak sehat adalah warnanya yang kekuningan atau kehitaman. Tapi masih ada beberapa ciri lain kuku tidak sehat. Apa sajakah itu?

  • Kekuningan

Kuku yang kekuningan merupakan contoh kuku yang tidak sehat yang penyebabnya adalah satu dari dua faktor ini: Infeksi atau reaksi terhadap produk yang digunakan, seperti cat kuku.

- Cara Mengatasinya:

Kuku akan tumbuh kembali dalam keadaan yang bersih. Anda juga bisa menggunakan perawatan alami seperti minyak tea tree oil atau vitamin E untuk membantu mengatasi infeksi.

  • Garis-Garis Hitam

Contoh kuku yang tidak sehat ini tampak seperti serpihan-serpihan hitam di kuku. Mereka dapat muncul beberapa kali. Penyebab yang paling mungkin adalah cedera kuku, seperti saat kuku tidak sengaja terjepit pintu

- Cara Mengatasinya:

Garis-garis hitam itu adalah akibat peradangan pembulu darah di bawah kuku anda dan akan hilang seiring waktu saat kuku bertumbuh.

  • Bintik-Bintik Putih

Bintik-bintik putih yang tersebar di kuku dapat memandakan kekurangan zink. Biasanya 30 miligram zink per hari selama tiga bulan akan mengatasinya. Penyebab lainnya mungkin termasuk reaksi alergi, infeksi jamu, atau cedera pada kuku anda.

  • Tidak Ada Setengah Lingkaran Putih

Kuku umumnya memiliki setengah lingkaran putih dibagian dasarnya. Bagian ini disebut lunula. Lunula adalah struktur berbentuk bulan sabit yang terdapat di pangkal kuku, yang merupakan area pertumbuhan kuku. Ada tidaknya lunula tidak selalu menjadi pertanda bahwa seseorang memiliki kondisi medis tertentu. Belum ada penelitian medis yang mengaitkan ada tidaknya lunula pada jari dengan kondisi medis tertentu. Pada beberapa kasus, lunula yang tidak terlihat  dapat mengindikasi adanya anemia, kekurangan nutrisi atau tingkat stress yang tinggi. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya kondisi ini tidak dapat dijadikan tolak ukur ada tidaknya kondisi medis yang dialami seseorang. Untuk mendiagnosis ada tidaknya suatu kindisi medis tetap diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tubuh akan dirancang dengan cerdas, jadi ketika anda kekurangan bitamin dan mineral, kuku dan rambut akan memperlihatkannya supaya anda tahu.

0 Comment:

Post a Comment