Manfaat Daun Kelor Untuk Kecantikan

Daun kelor mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia. Tanaman ini sering dijadikan beberapa menu makanan. Khasiat kesehatan daun kelor ini pun juga sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Selama ini daun kelor lebih dikenal sebagai sayuran pelancar ASI bagi ibu-ibu yang sedang menyusui. Namun moringa oleifera alias kelor tengah menjadi primadona didunia kesehatan dan kecantikan. 

Daun kelor memang cocok untuk dijadikan sebagai bahan pengobatan herbal, mengingat kandungan nutrisi nya yang melimpah. Kandungan seperti zat besi, protein, kalsium, vitamin A dan vitamin C yang dimiliki kelor dianggap lebih banyak dari beberapa jenis sayuran dan jenis makanan lain. 

Sebuah penelitian juga mengemukakan bahwa daun kelor memiliki kandungan berbagai jenis asam amino yang sangat berguna bagi tubuh. Selain untuk kesehatan, daun kelor ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Khasiat daun kelor untuk kecantikan ini karena didalam daun kelor terdapat berbagai kandungan antioksidan dan antibiotik yang akan mengangkat sel kulit mati.

Nah, apa saja manfaat daun kelor untuk kecantikan? berikut penjelasan nya.


Manfaat daun kelor untuk kecantikan

1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin A, vitamin, C dan vitamin E yang dimiliki daun kelor bisa dimanfaatkan untuk menjaga kulit agar senantiasa awet muda. Daun kelor bisa digunakan sebagai bahan campuran masker atau kompres. Dari hasil penilitian terbukti bahwa minyak biji kelor mengandung antioksidan yang tinggi. Minyak kelor dan daun kelor bisa digunakan untuk masker wajah karena bisa mencegah kerutan diwajah serta melawan kerusakan kulit karena radikal bebas.

2. Mengatasi Jerawat

Banyak penelitian yang telah mengamati efek daun kelor sebagai pengobatan jerawat yang efektif. Salah satunya menyatakan bahwa minyak kelor terdaftar sebagai salah satu minyak alami dengan kandungan asam linoleat lebih dari 10% yang diperlukan untuk mengobati jerawat secara efektif. 

Selain itu, daun kelor juga memiliki efek antimikroba yang dapat membasmi jerawat karena bakteri. Jurnal lainnya menyatakan bahwa minyak kelor dapat menghambat produksi minyak berlebih pada kulit penyebab jerawat dan komedo.

3. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E yang dimiliki daun kelor juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam. Gunakan daun kelor tumbuk sebagai masker. Masker ini akan membantu mencerahkan dan memudarkan bekas jerawat.

4. Menyamarkan Mata Panda

Daun kelor dapat membantu menyamarkan mata panda atau kantung hitam dibawah mata. Hal ini akan semakin maksimal jika penggunaan daun kelor yang mengandung vitamin A juga dipadukan dengan vitamin K.

Menurut sebuah penelitian, menempelkan bantalan yang sudah diolesi retinol (vitamin A), vitamin K, dan kafein dibawah mata dapat menyamarkan kerutan dan lingkar hitam dibawah mata.

5. Detoksifikasi

Rajin makan sayur daun kelor bisa membantu membersihkan racun didalam tubuh. Efek detoksifikasi yang dimiliki daun kelor bisa mecegah munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

Demikian manfaat daun kelor untuk kecantikan. Konsumsi daun kelor sebagai sayuran secara teratur atau gunakan sebagai bahan campuran masker dan kompres untuk mendapatkan khasiatnya. 

Post a Comment

Previous Post Next Post