Membuat Sendiri Sabun Cair Untuk Mencuci Baju (Natural)

Halo Pembaca,

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa detergent pencuci pakaian juga bisa dibuat tanpa tambahan SLS, boraks, pewangi kimia, atau bahan aditif kimia lainnya. Biasanya keluarga yang memiliki bayi atau anak-anak akan lebih berhati-hati saat memilih detergent untuk mencuci pakaian, karena bahan aditif kimia yang terkandung dalam sabun cuci tersebut dapat mengakibatkan iritasi atau alergi pada kulit bayi dan anak-anak yang biasanya lebih sensitif dari kulit orang dewasa.

Ayo kita mulai :)


Minyak dan bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat sabun cuci. Lard adalah minyak hewani. Jika tidak ingin memakai lard bisa digantikan dengan minyak nabati lainnya, seperti tabel dibawah ini.
Selain minyak juga dibutuhkan KOH sebagai ganti dari NaOH karena untuk membuat sabun cair dibutuhkan KOH.


Lard bisa digantikan dengan minyak jarak atau minyak zaitun atau minyak canola.


Panaskan minyak dalam crock pot. Campurkan minyak yang sudah dipanaskan dengan air KOH. Set pada api tinggi.

  
Aduk terus dengan blender hingga adonan sabun trace atau mengental seperti mash potato seperti gambar diatas. Lalu kecilkan api hingga tingkat terendah, tutup panci. Aduk adonan sabun dengan sendok kayu setiap 30 menit sekali.


Setelah 3,5 jam dimasak adonan sabun akan berubah warna dari putih susu menjadi agak transparant seperti yang ditunjukan dalam gambar dibawah.


Adonan sabun terlihat transparant


Lakukan pengetesan kejernihan. Campurkan 60ml air dengan 30ml adonan sabun, aduk hingga semua adonan sabun menyatu dengan air dan air campuran tetap jernih. Seperti gambar dibawah.
Jika masih kurang jernih masak lagi sabun selama 30 menit lalu lakukan pengetesan lagi. Setelah itu masukkan adonan sabun kedalam plastik, diamkan sabun selama 24 jam.


Hilangkan busa dengan menyemprotkan alkohol.


Setelah 24 jam masukkan 2 gelas air belimbing kedalam crock pot lalu tambahkan 1% asam sitrat dari total adonan sabun kedalam adonan sabun untuk menetralisir sabun. Lalu masukkan semua adonan sabun kedalam air dan masak selama 10 jam.


Potong kecil-kecil adonan sabun agar mudah meleleh.


Setelah 10 jam sabun cair sudah jadi. Tunggu hingga sabun mendingin lalu tuang sabun ke dalam botol dan  siap untuk dipakai. Jika ingin menambahkan minyak esensial bisa menggunakan Tea Tree, Lemon, Lavender, Peppermint, dll.



Hasil perbandingan hasil cucian antara sabun cair buatan sendiri (kanan) dan sabun cair yang dijual dipasaran (kiri)

Pembuatan sabun cuci pakaian natural ini memang cukup memakan banyak waktu, tetapi hasil yang didapat sangat memuaskan dan bisa mengurangi pengeluaran uang untuk membeli sabun cuci pakaian yang cukup mahal.
Semoga tips ini bisa membantu ya ^^ Ditunggu saran dan komennya~

9 Comments

  1. saya seorang d3 farmasi berpengalaman sudah 3 tahun dalam bidang kosmetik terutama dalam pembuatan sabun cair pencuci piring dan cream neo gamat emas (pemutih wajah).mau kerja sama/merekrut dengan saya.alhamdulillah..atau pelatihan 3-4jam sampai bisa,jg gpp.

    nb :soal pelatihan saya hanya bisa panggilan,jadi masalah bahan dan alat sudah ada ditempat anda

    bisa hubungi 085725778341 .soal biaya bisa dinegosiasikan.terima kasih

    ReplyDelete
  2. Menarik banget! Sebetulnya homemade laundry soap ini penting, apalagi bisa tiap hari nyuci pake detergen & pastinya mencemari lingkungan... Tapiiii bikinnya susah juga ya >___< harus sabar tuh...

    ReplyDelete
  3. terimakasih. saya akan mencobanya untuk melanjutkan tugas sekolah

    ReplyDelete
  4. Capek ngucek karena ga yakin mencuci dengan mesin cuci dapat menghilangkan noda? Jangan sedih dulu, gan. Kenalan dulu yuk sama STAR KLEEN,
    Memang Ahlinya STAR KLEEN, yang akan membantu agan2 laundry untuk menyelesaikan masalah mencuci dengan mesin cuci. yuk kenali kelebihan STAR KLEEN disini..!!!

    http://laundryplasa.com/chemical/detergent/detergent-laundry-star-kleen-detail

    mencuci lebih bersih, hemat dan ramah lingkungan ya detergent STAR KLEEN ahlinya, fast order 0812 1670 9070

    ReplyDelete
  5. Terima kasih infonya..Kalau saya sudah coba bikin sendiri sabun klerak cair..asyik tuh.. bisa untuk ngepel juga.. keset jadinya

    ReplyDelete
  6. Butuh bahan baku sabun? Hubungi saya saja.. Anjip di nomor 0813 1834 1813 , sales agent dari KAO.. siap memenuhi kebutuhan material sabun, deterjen, shampoo, dll..

    ReplyDelete
  7. Dear mam,
    I could not catch up the part when you're cooking the pasta with water, that are :
    1. 2part of water added with 1 part of .....
    2. The powder you added last before stirring it.
    Looking forward to your reply very soon.
    Thanks

    ReplyDelete
Previous Post Next Post