Perawatan Kulit Kombinasi (T Berminyak Kering)

Halo Pembaca,

Masalah kulit yang sering ditemui selain kulit berjerawat berminyak dan kulit sensitif adalah kulit kombinasi kering dan berminyak. Biasanya bagian berminyak pada kulit kombinasi ini adalah hidung, dahi dan dagu, sedangkan bagian pipi cenderung kering. Perawatan untuk kulit kombinasi tidak mudah, karena dalam 1 wajah terdapat 2 jenis kulit yang berbeda, sehingga perawatan yang dilakukan harus sesuai agar tidak memparah kondisi kulit.

Gunakan pembersih wajah yang alami dan sesuai
Pilihlah pembersih wajah yang bebas bahan kimia, bisa dengan memakai ramuan homemade seperti memakai ampas santan yang memiliki efek scrub halus atau bisa dengan oatmeal yang juga memiliki efek scrub halus. Jadi selain membersihkan, kedua bahan alami ini juga bisa mengurangi minyak berlebih dan menjaga kelembaban kulit.


Rajin menggunakan masker 2-3 kali dalam 1 bulan
Pada bagian T yang berminyak bisa menggunakan masker timun dengan ditambah 1-2 tetes mint essential oil untuk mengurangi minyak berlebih dan gunakan masker oatmeal madu pada bagian yang kering untuk melembabkan. Pakai masker selama 20-25 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih dan gunakan handuk bersih untuk mengeringkan. Selain itu alternatif lainnya adalah dengan masker lidah buaya. Tanaman yang satu ini bisa mengurangi kelebihan minyak pada kulit dan melembabkan kulit kering. Campurkan masker lidah buaya dengan 1-2 tetes minyak esensial tea tree atau dengan juice lemon untuk hasil yang lebih baik.

Lindungi kulit saat bepergian
Lindungi kulit dari paparan sinar UV, pilihlah sunscreen yang bebas minyak dengan SPF 15 atau lebih.

Selain perawatan diatas, pola makan dan pola hidup yang sehat juga sangat mempengaruhi kualitas kulit kita.
Semoga bisa membantu, ditunggu komen dan sarannya ^^

Post a Comment

Previous Post Next Post