Remedi Perawatan Rambut Secara Natural dan Alami

Halo Pembaca,

Melakukan perawatan rambut sendiri di rumah tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Sebelumnya saya sudah memposting tentang remedi-remedi untuk merawat rambut kering dan kusam. Semua resep yang tercantum sangat mudah untuk dibuat dan tidak memakan banyak waktu.


Kali ini saya ingin berbagi lagi beberapa remedi untuk perawatan rambut:

Semua Tipe Rambut

Merawat rambut dengan telur mentah, sudah banyak dikenal sejak dulu. Bagian kuning telurnya kaya akan lemak dan protein yang dapat melembabkan secara natural sehingga cocok untuk rambut kering, sedangkan bagian putihnya berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebih pada rambut sehingga cocok untuk rambut berminyak.

perawatan natural rambut sabun natural

Penggunaannya pun cukup mudah, gunakan bagian telur yang sesuai untuk tipe rambut Anda, setelah dikocok sebentar oleskan ke seluruh bagian rambut yang bersih dan lembab. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin dan keramas dengan shampoo untuk membersihkan. Anda juga bisa menggunakan seluruh bagian telur sebagai conditioner natural, jika memiliki tipe rambut normal.
Untuk perawatan seluruh bagian telur dan kuning telur bisa dilakukan 1x sebulan, dan untuk perawatan dengan putih telur bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali

Rambut Berminyak

Mengurangi minyak berlebih pada rambut ternyata tidaklah sulit, dengan menggunakan tepung jagung (maizena) atau bubuk jagung kering. Perawatan ini dapat dilakukan setiap hari.

perawatan natural rambut sabun natural

Caranya, masukkan 1 sendok makan maizena atau bubuk jagung kering ke dalam tempat garam atau merica, lalu taburkan pada rambut dan kulit kepala (dalam kondisi kering) sampai semua bubuk habis terpakai. Diamkan selama 10 menit, lalu gunakan paddle brush untuk membersihkan bubuk yang tersisa.

perawatan natural rambut sabun natural
Paddle Brush

Rambut Berketombe atau Kulit Kepala Gatal

Ketombe dan kulit kepala gatal, bisa dikatakan adalah masalah rambut yang banyak dialami oleh banyak orang. Cara perawatannya juga mudah, cukup siapkan 2 sendok makan air perasan lemon, 2 sendok makan olive oil dan 2 sendok makan air. Setelah membasahi kulit kepala dengan air, oleskan campuran tersebut ke kulit kepala sambil dipijat. Setelah merata, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dan keramas seperti biasa. Perawatan ini bisa dilakukan 1x seminggu.

perawatan natural rambut sabun natural

Remedi ini sangat bermanfaat, karena air perasan lemon dapat membantu mengangkat kulit kering, dan ketombe, sedangkan olive oil dapat melembabkan kulit kepala.

Rambut Tipis atau Halus

Rambut yang tipis biasanya cenderung terlihat tidak bervolume dan lepek. Bagi Anda yang memiliki masalah ini, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bir. Ya betul, minuman beraklohol bir (beer). Bir adalah minuman hasil fermentasi gandum yang mengandung protein yang baik untuk menguatkan rambut dan membuat rambut tampak lebih bervolume.

perawatan natural rambut sabun natural

Untuk membuat campurannya, siapkan 120ml bir yang sudah tidak mengandung alkohol, 1 sendok makan minyak bunga matahari atau canola dan 1 butir telur mentah. Setelah tercampur rata, oleskan ke seluruh bagian rambut yang lembab, dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin (air suhu biasa). Atau juga bisa dengan menyemprotkan bir pada rambut kering. Perawatan ini dapat dilakukan 1x seminggu.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^^
Ditunggu komen dan sarannya~~

Post a Comment

Previous Post Next Post