Tips Perawatan Rutin Agar Kulit Kaki Tetap Sehat

Halo Pembaca,

Merawat kecantikan mulai dari rambut, wajah, dan tubuh merupakan hal yang penting untuk dilakukan baik oleh pria maupun wanita. Tetapi ada 1 bagian tubuh yang sering terlupakan perawatannya, yaitu bagian kaki. Perawatan pada kaki hanya dilakukan saat sudah muncul permasalahan seperti tumit kaki pecah dan kering, bau tak sedap mulai muncul, infeksi jamur, kapalan, dll.


perawatan kaki natural sabun natural

Untuk menghindari permasalahan pada kaki, ada beberapa cara untuk menjaga agar kaki kita tetap sehat.

Rajin Membersihkan Kaki

perawatan kaki natural sabun natural

Jika Anda sering memakai sandal, baik sandal ceper atau sandal berhak tinggi, setelah bepergian jangan lupa untuk mencuci kaki dengan sabun dan oleskan lotion kaki. Dengan kebiasaan ini, kebersihan kaki akan terjaga sehingga terhindar dari infeksi jamur dan resiko kulit kaki menjadi kering karena debu yang menempel.
Pada saat mandi, luangkan sedikit waktu untuk selalu membersihkan kaki dengan sabun sampai ke sela-sela jari. Kalau jari kaki Anda adalah tipe yang kuku kakinya tumbuh kearah dalam (ingrown toenails) gunakan sikat halus untuk membersihkan sela-sela kuku, karena akan ada kotoran yang terselip dibagian tersebut.

Melakukan Perawatan Sederhana


perawatan kaki natural sabun natural

Gunakan batu apung untuk mengikis kulit mati pada kaki saat mandi atau gunakan scrub untuk mengangkat kulit mati pada kaki. Scrub yang digunakan bisa berupa scrub garam laut atau scrub gula, kedua bahan ini selain dapat mengangkat kulit mati juga dapat menjaga kelembaban kulit dan membunuh bakteri.

perawatan kaki natural sabun natural

Selain itu perawatan kaki juga bisa dilakukan dengan merendam kaki dengan air garam hangat atau air madu. Jika kaki terinfeksi jamur atau eksim, tambahkan minyak esensial tea tree dalam air rendaman kaki sebagai bahan pembasmi jamur.

Memilih Sepatu/Sandal dan Kaus Kaki yang Sesuai

Memakai sepatu dan kaus kaki dengan bahan yang bagus agar sirkulasi udara di bagian kaki tetap terjaga. Hal ini sangat penting dan sangat berpengaruh untuk kesehatan kaki. Saat memakai sepatu kaki kita mudah berkeringat. Keringat membuat kaki kita mudah tumbuh bakteri atau jamur, jika sepatu dan kaus kaki yang dipakai tidak cukup sirkulasi udaranya akan mempercepat bakteri dan jamur tumbuh berkembang, sehingga mudah timbul bau tidak sedap.
Memakai sepatu dengan ukuran sesuai juga penting. Jika sepatu terlalu sempit selain dapat mengganggu bentuk kaki dan membuat kaki sakit, juga dapat membuat kaki mudah kapalan, begitu juga dengan sepatu yang terlalu longgar.

Jika memiliki masalah dengan tumit kaki pecah-pecah dan kering bisa membaca postingannya di sini. Melakukan perawatan yang sesuai dan rutin pada kaki akan membuat kita lebih percaya diri dan nyaman saat melakukan aktifitas.

Semoga bermanfaat, ditunggu komen dan sarannya ^^

Post a Comment

Previous Post Next Post