Cara Natural Menyembuhkan Kulit Tumit Kaki Pecah

By | 11:00 AM Leave a Comment
Halo Pembaca,

Orang Indonesia, terutama wanita, banyak yang memiliki masalah kulit bagian tumit kering dan pecah. Hal ini juga terjadi pada saya, semenjak saya kembali ke Indonesia. Menurut saya hal ini terjadi karena kebiasaan orang Indonesia yang suka memakai sandal, karena selama saya berada di luar negeri, terutama musim dingin, kaki saya selalu dibalut dengan kaus kaki dan selalu memakai sepatu, sehingga kulit bagian tumit kaki saya tidak pernah bermasalah dan selalu mulus. Masalah yang sama juga terjadi pada suami saya pada awal kedatangannya di Indonesia.


perawatan natural sabun natural tumit pecah

Walau sebenarnya jarang orang melihat tumit kaki kita, tetapi jika tidak dijaga akan semakin memburuk dan mempengaruhi penampilan, terutama sewaktu menghadiri pesta. Lotion atau cream untuk kulit tumit kaki yang pecah sangat banyak di pasaran, tapi jika ada yang alami dan lebih murah kenapa harus membayar lebih mahal?

Simak resep-resep sederhana yang dapat membantu mengatasi kulit tumit kaki yang pecah-pecah akibat kering dan debu.

Minyak Nabati



perawatan natural sabun natural tumit pecah

Sebelum mengoleskan minyak pada bagian tumit, gosok tumit dengan batu apung dan gunakan sikat halus untuk membersihkan sela-sela kulit yang retak dari debu dan kotoran. Setelah bersih keringkan dengan handuk bersih lalu oleskan minyak nabati favorit secara merata pada bagian yang bermasalah lalu balut kaki dengan kaus kaki bersih. Diamkan semalam dan Anda akan lihat perbedaannya. Anda bisa memakai minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, dll.
Lakukan rutinitas ini setiap malam sebelum tidur, sampai kondisi kulit pada bagian tumit normal seperti semula.

Tepung Beras



perawatan natural sabun natural tumit pecah

Memanfaatkan tepung beras untuk membuat sendiri scrub pengelupas kulit dapat membantu membuang kulit mati akibat kering dan pecah-pecah.
Campurkan tepung beras sebanyak 2-3 sendok makan penuh dengan 1 sendok makan madu dan cuka apel. Aduk sampai menjadi adonan kental, jika terlalu kental tambahkan lagi madu dan cuka apel secukupnya. Tambahkan juga 1 sendok makan minyak zaitun atau sweet almond untuk tumit kaki yang kondisinya agak parah.
Sebelum memakai scrub tepung beras ini, rendam kaki dengan air hangat selama 15 menit. Untuk hasil yang lebih maksimal, tambahkan 2-3 tetes minyak Lavender atau 3 sendok madu atau garam.

Air Bunga Mawar dan Gliserin



perawatan natural sabun natural tumit pecah

Campuran gliserin dan air mawar dapat dijadikan sebagai toner untuk menyembuhkan tumit kaki yang pecah. Gliserin mampu melembutkan kulit, sedangkan air mawar menambahkan vitamin A, B3, C, D, dan E, dan fungsi antibakteri dan antiseptik.
Membuatnya cukup mudah, campurkan kedua bahan ini dengan perbandingan 1:1. Oleskan pada tumit dan kaki setiap malam sebelum tidur, jangan lupa untuk memastikan bahwa tumit kaki sudah benar-benar bersih.


Pisang



perawatan natural sabun natural tumit pecah

Oleskan pisang yang sudah dihancurkan halus pada tumit kaki yang telah dibersihkan. Diamkan selama 5 menit, lalu bersihkan dengan air hangat dan rendam sebentar dengan air dingin. Lakukan rutinitas ini setiap hari, dalam beberapa minggu Anda akan mendapatkan kembali tumit yang halus dan lembut.
Jika diinginkan, tambahkan 1 sendok minyak zaitun, madu, atau yogurt untuk lebih maksimal menyembuhkan tumit yang sudah agak parah.

Pilih 1 dari 4 tips yang menurut Anda paling mudah dan praktis untuk dilakukan secara rutin dan dalam hitungan minggu, Anda akan terbebas dari masalah tumit pecah-pecah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Ditunggu komen dan sarannya ^^

0 Comment:

Post a Comment