Tips Membersihkan Wajah Dengan Tepat

Halo Pembaca,

Membersihkan wajah merupakan hal yang kita lakukan setiap hari, dan biasanya dilakukan saat bangun tidur dan sebelum tidur. Perlu diketahui, rutinitas ini tidak boleh dilewatkan, apalagi jika kita banyak beraktifitas di luar dan memakai make up. Kotoran dan make up tentunya sudah menutup pori-pori kita selama seharian dan jika tidak dibersihkan akan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, komedo, iritasi kulit, dll.


perawatan kulit natural sabun natural

Tetapi membersihkan kulit wajah juga harus dilakukan dengan tepat, karena cara yang salah juga bisa mengakibatkan permasalahan kulit. Berikut tips-tips yang bisa saya bagikan kepada Pembaca saat membersihkan wajah.

Pilih Pembersih Wajah yang Lembut


perawatan kulit natural sabun natural

Saat membeli produk pembersih wajah, baca dengan teliti komposisi bahannya. Pilihlah yang senatural mungkin dan tidak mengandung detergent dan pengawet kimia. Bahan detergent dan pengawet kimia mulai banyak dihindari penggunaannya oleh para pakar kesehatan, sebab dapat merusak kulit dan mengikis minyak alami yang dibentuk oleh tubuh untuk melindungi kulit agar terhindar dari kekeringan.

Gunakan Toner


perawatan kulit natural sabun natural

Toner bermanfaat untuk mengembalikan PH kulit wajah setelah menggunakan pembersih wajah yang mengandung detergent alkali. Jika Anda menggunakan pembersih wajah dengan PH yang seimbang seperti sabun natural atau sabun organik, maka dalam teorinya Anda tidak lagi membutuhkan toner wajah lagi.
Jika Anda sudah terbiasa memakai toner, Anda bisa membuat toner sendiri (toner air mawar dan toner homemade lainnya).

Hindari Pemakaian Pembersih dengan Pewangi Kimia


perawatan kulit natural sabun natural

Mencuci wajah atau mandi dengan sabun yang wangi memang membuat kita terasa lebih segar dan terasa bersih. Tetapi sebenarnya pewangi kimia tersebut bisa membuat kulit kita kering dan iritasi, terutama untuk yang memiliki kulit sensitif. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih pembersih wajah tanpa tambahan pewangi atau yang diberi pewangi dari minyak esensial. Pembersih wajah dengan minyak esensial memang cenderung lebih mahal, tetapi Anda dapat merasakan manfaatnya untuk kulit Anda.

Pilih Pelembab Wajah yang Tepat


perawatan kulit natural sabun natural

Banyak pelembab wajah yang sebagian besar bahannya terdiri dari air, sehingga tidak betul-betul memberikan kelembaban yang diperlukan oleh kulit. Anda bisa memilih menggunakan minyak-minyak organik untuk digunakan sebagai pelembab kulit wajah sebelum tidur. Minyak organik yang bisa Anda pilih adalah VCO (Virgin Coconut Oil), Jojoba Oil, minyak biji anggur, dan minyak bekatul. Untuk menambah manfaatnya bisa ditambahkan minyak esensial sebagai tambahan.

Semoga bermanfaat ya ^^
Ditunggu komen dan sarannya~

Post a Comment

Previous Post Next Post