Air Kumur Untuk Mengatasi Bau Mulut

Halo Pembaca,

Kecantikan dengan merawat kulit dan rambut sangat penting. Selain itu merawat kebersihan mulut, seperti memutihkan gigi, menghilangkan kerak, dan menghilangkan bau mulut juga merupakan bagian dari kecantikan. Untuk menghilangkan bau mulut, sebenarnya cukup mudah menemukan produk-produk yang dijual dipasaran untuk mengatasi masalah ini, seperti pasta gigi, mouthwash (air kumur) dan lain sebagainya. Tetapi semua produk-produk ini mengandung bahan kimia dan tidak sedikit yang membawa efek samping bagi kesehatan mulut.


perawatan mulut natural alami bau mulut air kumur

Kali ini akan dibahas tentang air kumur alami yang bisa dibuat sendiri dirumah untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap.

Air Sirih


perawatan mulut natural alami bau mulut air kumur

Siapkan 4 lembar daun sirih, lalu rebus dengan dua gelas air. Gunakan air rebusan ini untuk berkumur. Lakukan 1x sehari, dan dalam beberapa minggu bau mulut akan jauh dari Anda.
Daun sirih dapat berfungsi sebagai antibakteri, sehingga memiliki manfaat untuk menghilangkan bakteri dalam mulut yang menyebabkan bau tak sedap. Cara ini cukup mudah dan tidak memakan biaya sama sekali.

Air Kumur Lemon Kayu Manis


perawatan mulut natural alami bau mulut air kumur

Bagi yang tidak suka dengan bau daun sirih, bisa mencoba membuat air kumur ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup sederhana.

1 sendok makan sari lemon
1/2 sendok teh bubuk kayu manis (halus)
1/4 sendok teh baking soda
1 sendok makan madu alami
100ml Air hangat (bisa ditambah sesuai keinginan)

Campurkan sari lemon, bubuk kayu manis, baking soda dan madu alami, aduk hingga rata. Lalu tambahkan air hangat sesuai keinginan, jika rasa air kumur terlalu asam tambahkan lagi sedikit untuk menetralisir.

Dalam resep ini lemon berperan sebagai antimikroba dan dapat menyegarkan nafas, tetapi jangan tambahkan lebih dari resep yang dianjurkan karena asam lemon dapat mengikis email gigi dan membuat gigi rapuh. Bubuk kayu manis dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan baking soda juga dapat membantu menyegarkan nafas dan membuat gigi lebih putih. Terakhir, madu juga berfungsi sebagai antibakteri dan dapat membuat rasa air kumur ini lebih enak.

Simpan air ini dalam kulkas dan sebaiknya jangan membuat terlalu banyak, karena air kumur ini hanya bisa bertahan selama 3 hari.

Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Post a Comment

Previous Post Next Post