Pelembab Alami Untuk Kulit Kering & Bersisik

Halo Pembaca,

Salah satu bahan alami yang dapat mempertahankan kelembaban alami kulit adalah madu. Oleh karena itu madu akan menjadi alternatif yang tepat untuk mengatasi masalah kulit kering. Dengan penggunaan madu sebagai bahan perawatan kulit secara teratur, kulit akan menjadi lebih lembab, terhindar dari masalah kulit bersisik, gatal, dll.


Berikut tips merawat kulit kering dengan madu yang bisa dilakukan dirumah.

1. Scrub Wajah


perawatan kulit kering natural alami sabun natural

Cara membuatnya cukup mudah. Bahan-bahan yang diperlukan adalah
1 sendok makan minyak zaitun
1 sendok makan sari lemon
1 sendok teh gula merah (bukan gula jawa)
1 sendok makan madu alami

Campur bahan-bahan tersebut lalu oleskan pada wajah dan leher. Setelah kering gosok dengan gerakan memutar secara perlahan, lalu bersihkan.
Scrub ini tidak hanya melembabkan wajah, tetapi juga mengangkat kulit mati, membersihkan pori-pori dan membuat kulit tampak lebih muda dan cerah.

2. Eksfoliator atau Pengelupas


perawatan kulit kering natural alami sabun natural

Jika kulit Anda sangat kering dan cenderung bersisik, resep berikut ini akan sangat bermanfaat, karena memiliki fungsi sebagai pengelupas (eksfoliator) yang aman untuk mengangkat kulit mati.

Campurkan 2 kuning telur dan 2 sendok makan madu. Hangatkan campuran ini dengan microwave atau letakkan dalam air hangat selama beberapa detik, sebelum digunakan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih. Dengan dihangatkan akan lebih mudah untuk mengangkat kulit mati.

3. Pelembab Alami


perawatan kulit kering natural alami sabun natural

Siapkan 3 sendok makan Shea butter dan 1 sendok makan madu. Aduk hingga tercampur rata lalu oleskan ke bagian tubuh yang kering, mengelupas atau bersisik. Jika ingin mengoleskan keseluruh tubuh, tambahkan porsi sesuai kebutuhan. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Untuk alternatif lain, campurkan 2 sendok makan madu dan 2 sendok makan cocoa butter. Tambahkan 2 tetes minyak esensial bergamot dan 1 tetes minyak esensial lavender (kedua minyak esensial ini hanya tambahan saja). Aduk hingga merata dan oleskan. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Saat membuat adonan ini, panaskan butter yang akan digunakan agar lebih mudah tercampur. Jika kesulitan menemukan shea butter atau cocoa butter, ganti dengan minyak almond, minyak zaitun, VCO atau minyak jojoba. Untuk sisa adonan yang lebih, simpan dalam botol selai, tutup rapat dan simpan dalam kulkas. Gunakan lulur ini setelah mandi dan kulit dalam kondisi kering.

4. Scrub Coklat Madu


perawatan kulit kering natural alami sabun natural

Scrub ini sangat efektif untuk perawatan kulit kering, dan yang terpenting Anda dapat merasakan perawatan sekelas spa dirumah tanpa biaya mahal.

Bahan yang dibutuhkan:
100ml madu alami
6 sendok makan coklat tanpa pemanis
100gr garam kosher (garam natural yang butirannya lebih kecil dari garam laut)
25gr minyak biji anggur

Campurkan madu dan minyak biji anggur yang sudah dihangatkan hingga merata, setelah itu masukkan coklat, terakhir masukkan garam kosher dan aduk hingga merata. Adonan scrub ini akan cukup kental. Oleskan ke seluruh tubuh dan diamkan selama 20-30 menit agar semua zat baik dari scrub tersebut terserap oleh kulit.

Madu selain baik untuk kulit, juga bisa digunakan sebagai pelembab bibir dan anti bakteri yang efektif untuk melawan jerawat.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Post a Comment

Previous Post Next Post