Tips Mencuci Rambut yang Baik dan Benar

Halo Pembaca,


Mencuci rambut merupakan sebuah rutinitas perawatan dan membersihkan diri yang paling dasar dan biasa dilakukan sehari-hari. Tidak sulit melakukan rutinitas ini, hanya saja setiap orang memiliki kebisaan yang berbeda tergantung pada jenis rambut yang dimiliki.


Tetapi walaupun mudah dan sering dilakukan, perawatan rambut yang satu ini juga sangat penting, karena akan mempengaruhi kondisi rambut. Untuk itu, dalam artikel ini akan berbagi tentang bagaimana cara memcuci rambut dengan tepat.


1. Membersihkan Kulit Kepala

Saat keramas, kulit kepala adalah bagian terpenting yang harus dibersihkan, sebab kotoran dan debu yang menempel akan mengendap di kulit kepala. Tuangkan shampoo secukupnya dan campurkan dengan air, lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut.

2. Pijat Kulit Kepala


perawatan rambut alami natural sabun natural

Untuk membersihkan dengan sempurna, setelah shampoo sudah dioleskan ke kulit kepala pijat dengan gerakan melingkar dengan ujung jari. Setelah itu gosok juga bagian rambut dengan lembut. Jangan garuk atau gunakan kuku saat keramas karena dapat memperburuk kulit kepala dan mengakibatkan ketombe.

3. Membilas


perawatan rambut alami natural sabun natural

Setelah tahap diatas jangan langsung bilas rambut dengan air, tetapi diamkan selama 5 sampai 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Hindari penggunaan air panas karena dapat merusak akar rambut. Saat membilas usap dengan lembut rambut untuk menghilangkan sisa shampoo agar tidak tertinggal pada rambut dan kulit kepala.

4. Mengeringkan Rambut


perawatan rambut alami natural sabun natural

Hilangkan sisa air pada rambut lalau gosok dengan lembut meggunakan handuk bersih. Bungkus kepala dengan handuk selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Gunakan pengering rambut atau blow dryer untuk mengeringkan rambut, baru setelah itu sisir rambut untuk merapikan. Tujuannya untuk mengurangi rambut rontok, karena menyisir saat rambut basah kemungkinan terjadinya kerontokan akan lebih tinggi.

Jika tipe rambut Anda berminyak dan sering berada diluar, disarankan untuk menggunakan shampoo sekali lagi setelah bilasan pertama. Agar kotoran dan minyak pada kulit kepala dapat terbuang. Cuci juga rambut dengan rutin, untuk rambut normal dan kering keramaslah setidaknya 3x seminggu, sedangkan untuk rambut berminyak bisa dilakukan setiap hari.
Selain itu gunakan juga perawatan rambut natural atau perawatan rambut salon agar kesehatan rambut tetap terjaga.

Semoga bermanfaat ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Post a Comment

Previous Post Next Post