Kesalahan Saat Menyisir yang Dapat Merusak Rambut

Halo Pembaca,

Merawat rambut bisa mulai dilakukan dari hal-hal yang mudah dan sangat mendasar, seperti cara keramas, mengeringkan rambut atau bahkan menyisir rambut. Tidak sedikit wanita yang menyepelekan tahap ini, padahal menyisir rambut dapat dikatakan adalah kegiatan perawatan rambut yang paling sering dilakukan setiap hari.Saat bangun tidur, setelah mandi, saat akan pergi dan bahkan sesampainya di lokasi tujuan pun, rambut kembali disisir lagi.


cara menyisir rambut yang tepat perawatan rambut sabun natural

Walaupun menyisir rambut merupakan hal yang sangat sepele, tapi menyisir rambut ini dapat mempengaruhi penampilan dan kualitas rambut. Berikut adalah beberapa cara menyisir rambut yang malah bikin rambut jadi rusak:

Menyisir rambut saat masih basah


cara menyisir rambut yang tepat perawatan rambut sabun natural

Kebiasaan ini dapat dikatakan dilakukan oleh hampir semua orang, baik itu wanita ataupun pria. Tetapi kenyataannya menyisir rambut saat masih dalam kondisi basah dapat meningkatkan jumlah rambut yang rontok. Hal ini disebabkan karena dalam kondisi basah kulit kepala agak lembek, sehingga saat disisir akar rambut mudah tertarik dan mengakibatkan kerontokan. Hal ini akan lebih parah jika menggunakan sisir bergigi rapat.
Anda bisa membandingkan berapa banyak jumlah rambut yang rontok ketika disisir dalam kondisi basah dan kering. Oleh sebab itu, sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu sebelum menyisirnya.

Terlalu sering menyisir


cara menyisir rambut yang tepat perawatan rambut sabun natural

Wanita tentu sangat peduli pada penampilannya, terutama pada bagian rambut. Ada banyak hal yang mengakibatkan tatanan rambut jadi berantakan, misalnya tertiup angin, tersenggol benda ataupun saat kita bersandar pun dapat membuat rambut berantakan. Untuk menjaga agar rambut tetap rapi, wanita menjadi lebih sering menyisir rambut. Menyisir rambut akan membuat rambut tertarik dari akarnya dan malah rontok.
Sebaiknya memang menyisir rambut itu tidak dilakukan terlalu sering. Anda bisa kok menyisirnya dengan jemari saja untuk meyakinkan diri kalau rambut sudah rapi.

Menyisir rambut langsung dari akar ke ujung

Cara menyisir rambut seperti ini membuat rambut ditarik dari akar dan menyebabkan rambut mudah rapuh. Menyisir rambut yang benar adalah mengawalinya beberapa inci dari akar rambut.

Kasar saat menyisir


cara menyisir rambut yang tepat perawatan rambut sabun natural

Rambut panjang tentu memiliki potensi yang lebih besar menjadi kusut. Jika rambut menjadi kusut jangan menyisir dengan paksa dan menariknya dengan sisir. Tanpa disadari, apa yang Anda lakukan ini telah menyakiti rambut dan membuat rambut jadi semakin rusak. Seharusnya rambut diperlakukan lembut dan tidak banyak gesekan-gesekan. Saat rambut menjadi kusut, gunakan tangan atau sisir rongga besar untuk mengurai rambut yang kusut.

Salah memilih sisir


cara menyisir rambut yang tepat perawatan rambut sabun natural

Sisir diciptakan berbagai macam bentuknya karena memang fungsinya berbeda-beda. Untuk itu, sebaiknya memang Anda memiliki banyak bentuk sisir. Pemakaiannya disesuaikan dengan fungsi sehingga akan menjaga kondisi kesehatan rambut.

Sisir dengan bahan 100% plastik

Sisir yang 100% bahannya terbuat dari plastik kurang baik untuk rambut, karena listrik statis yang dihasilkan saat menyisir akan membuat rambut jadi kurang halus dan akhirnya menimbulkan luka pada batang-batang rambut yang tidak bisa Anda lihat.

Jarang membersihkan sisir


cara menyisir rambut yang tepat perawatan rambut sabun natural

Setidaknya seminggu sekali, sisir harus dicuci bersih saat akan dipakai. Sisir yang kotor hanya akan memindahkan kotoran dan bakteri ke kulit kepala, yang artinya perlahan kotoran akan menumpuk di sana dan menyumbat pori-pori.

Semoga artikel kali dapat bermanfaat ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Sumber

Post a Comment

Previous Post Next Post