Tips Merawat Kulit Sensitif Dengan Cara Alami

Halo Pembaca,

Setiap jenis kulit memiliki cara perawatan yang berbeda-beda, produk yang digunakan pun juga harus dipilih yang sesuai. Jenis kulit yang harus benar-benar diperhatikan perawatannya adalah jenis kulit sensitif. Kulit sensitif sangat mudah mengalami iritasi, jika salah memilih produk perawatan dapat memperburuk kondisi kulit.

perawatan

Untuk itu, diperlukan tips yang bisa membantu dalam merawat kulit sensitif. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam merawat jenis kulit sensitif.


  • Selalu pilih produk perawatan yang tanpa tambahan pewangi kimia atau yang bertuliskan "Fragrance Free" dan tanpa pewarna kimia. Pewangi kimia yang ada dalam produk kosmetik dapat menimbulkan reaksi yang bisa berakibat buruk pada kulit sensitif.
  • Hindari penggunaan sabun atau facial foam yang mengandung bahan kimia seperti paraben, SLS, dll, karena dapat mengakibatkan kekeringan pada kulit dan juga dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit. Sebaiknya gunakan sabun atau pembersih wajah yang lembut dan natural.

perawatan

  • Untuk mengeringkan wajah setelah dibersihkan, gunakan kertas tissue yang lembut atau handuk dengan bahan 100% katun. Cukup tekan-tekan dengan lembut, dan jangan gosokkan pada kulit agar tidak iritasi.
  • Saat memilih pelembab atau kosmetik lainnya pastikan untuk melakukan test terlebih dahulu dengan mengoleskannya sedikit pada area kulit tertentu. Apabila tidak terdapat reaksi yang tidak diinginkan, berarti aman untuk digunakan. Jika tidak menemukan yang cocok, bisa gunakan carrier oil natural seperti VCO, minyak zaitun, dll sebagai alternatifnya.

perawatan

  • Gunakan buah-buahan untuk masker kulit, seperti timun, apel atau peach. Buah-buahan ini dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit, karena sifat buah-buahan ini dapat mendinginkan kulit dan membuat kulit menjadi rileks.

perawatan

  • Perawatan alami lainnya yang bisa digunakan adalah masker dari campuran plain yogurt dan oatmeal (havermout). Kedua bahan alami ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati, melembabkan kulit dan membuat kulit lebih cerah.

perawatan

  • Hindari penggunaan toner yang mengandung alkohol, karena dapat membuat kulit menjadi semakin kering. Gunakan floral water seperti rose water untuk penggantinya atau witch hazel ekstrak.

perawatan

Semoga tips kali ini bisa bermanfaat dan membantu khususnya untuk masalah kulit sensitif ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~


Post a Comment

Previous Post Next Post