Bahan Alami Yang Tuntas Mengatasi Ketombe

Halo Pembaca,

Salah satu masalah rambut yang banyak dialami adalah ketombe. Dengan begitu banyaknya shampoo anti ketombe yang dijual dipasaran dan banyak diminati oleh konsumen, sebagai penanda bahwa ketombe cukup menjadi masalah yang umum dialami oleh banyak masyarakat di Indonesia.

perawatan rambut ketombe natural alami


Shampoo ketombe tersebut sebenarnya tidak 100% bisa memusnahkan masalah ketombe hingga keakarnya, karena jika kita berhenti memakai shampoo tersebut ketombe akan kembali muncul. Untuk itu akan lebih baik jika kita mengatasi masalah ketombe hingga ke akarnya dengan menggunakan bahan-bahan natural berikut ini:

1. Perawatan dengan Minyak Wijen


perawatan rambut ketombe natural alami

Penggunaan minyak wijen untuk memijat kulit kepala setiap 2 minggu sekali dapat membantu mengurangi masalah rambut berketombe. Setiap pemijatan sebaiknya didiamkan selama 20 menit untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan gunakan shampoo herbal alami untuk mencuci rambut.
Tetapi perlu diperhatikan, minyak wijen yang digunakan bukan minyak wijen yang biasa dipakai untuk memasak, tetapi minyak wijen cold process yang tidak berbau.

2. Perawatan dengan Air Perasan Lemon dan VCO


perawatan rambut ketombe natural alami

Lemon dan VCO sama-sama memiliki zat antibakteri yang bisa membantu membunuh bakteri penyebab ketombe. Selain itu sifat asam pada lemon juga bisa menetralkan PH rambut yang terlalu tinggi akibat shampoo kimia yang digunakan sehari-hari,
Untuk menggunakan campuran ini cukup campuran air perasan lemon dan VCO dengan takaran yang sama, kurang lebih 3 sendok makan air lemon dan 3 sendok makan VCO. Oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Lalu gunakan shampoo herbal alami untuk mencuci rambut.


3. Perawatan dengan Air Daun Mimba (Daun Intaran atau Daun Neem)


perawatan rambut ketombe natural alami

Rebus 4-5 lembar daun mimba dengan air secukupnya kira-kira 500ml, lalu campurkan air rebusan ini dengan air biasa dan gunakan untuk membilas rambut setelah keramas.
Cara ini bisa digunakan setiap hari dan dapat membantu membunuh bakteri penyebab ketombe. Selain itu dengan menggunakan air ini jerawat diwajah juga bisa dibasmi.

4. Perawatan dengan Tea Tree Oil


perawatan rambut ketombe natural alami

Tea Tree oil untuk mengatasi ketombe sudah banyak dibahas sebelumnya. Tea tree ini bisa ditambahkan pada air untuk membilas rambut atau pada shampoo.


5. Perawatan dengan Gooseberry atau Buah Cerme


perawatan rambut ketombe natural alami

Buah yang satu ini rasanya asam, tetapi sangat efektif untuk mengatasi ketombe. Untuk penggunaannya campurkan 3-4 sendok jus buah cerme dan minyak sweet almond untuk dioleskan pada kulit kepala, diamkan selam 15menit, lalu keramaslah dengan shampoo herbal alami. Gunakan cara ini 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga tips kali ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Post a Comment

Previous Post Next Post