Cara Alami Mengurangi Rambut Berminyak dan Rontok

Halo Pembaca,

Rambut yang berminyak membuat kita harus sering-sering keramas, bahkan setiap hari, untuk membuat rambut tampak tetap bersih dan tidak berminyak. Walaupun pengalaman yang dialami setiap orang berbeda-beda, tetapi terlalu sering keramas sebenarnya tidak baik, karena akan membuat rambut menjadi kering pada bagian ujungnya. Masalah rambut berminyak juga membuat rambut mudah rontok dan menipis, timbul ketombe dan gatal-gatal.


perawatan rambut berminyak menipis natural

Penyebab rambut berminyak adalah
1. Faktor keturunan;
2. Beban pikiran atau stress;
3. Mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung minyak;
4. Mengkonsumsi pil KB
5. Faktor hormon
6. Tidak cocok dengan shampoo atau produk rambut yang digunakan.


Untuk setidaknya mengurangi minyak dan kerontokan pada rambut, berikut beberapa tips natural yang bisa dilakukan untuk perawatan dirumah.

Lidah Buaya


perawatan rambut berminyak menipis natural

Gel atau lendir dari tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, perawatan kulit, dan rambut. Gunakan irisan lidah buaya yang sudah dikupas, dibersihkan, dan dihaluskan untuk masker rambut. Diamkan masker ini selama 20 menit, setidaknya 2x seminggu. Dalam masker ini bisa juga ditambahkan 1 sendok air perasan lemon untuk mengatasi ketombe.

Selain itu Pembaca juga bisa menambahkan gel lidah buaya ini dalam shampoo untuk keramas. Tambahkan 1 sendok makan gel lidah buaya dan 1 sendok makan air perasan lemon dalam 300ml shampoo. Simpan campuran shampoo ini dalam lemari es, dan gunakan dalam waktu tidak lebih dari 7 hari.

Telur Ayam Mentah


perawatan rambut berminyak menipis natural

Gunakan 2 butir telur ayam sebagai masker untuk mengurangi minyak pada rambut dan menutrisi rambut supaya tampak lebih sehat.
Aduk hingga putih dan kuning telur tercampur rata lalu tambahkan 1 sendok makan air perasan lemon. Oleskan pada rambut yang lembab, dan diamkan selama 5 menit, bilas hingga bersih. Gunakan masker ini setidaknya 2-3x seminggu untuk mengurangi minyak pada rambut.

Lemon Segar

perawatan rambut berminyak menipis natural

Peras 1 buah lemon, tambahkan air perasan lemon dengan 3 sendok makan madu, dan 100ml air. Aduk hingga rata dan oleskan pada rambut. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas hingga bersih. Gunakan masker ini 3x seminggu untuk mengurangi minyak, ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala.

Witch Hazel Spray

perawatan rambut berminyak menipis natural

Campurkan Witch Hazel dengan Rosemary Essential oil dan Lemon Essential Oil. Witch Hazel dapat membantu mengurangi minyak pada kulit kepala dan rambut, Rosemary Essential Oil dapat membantu menguatkan rambut dan membantu merangsang pertumbuhan rambut, Lemon Essential Oil dapat membantu mengurangi ketombe.

Untuk membuat rambut lebih sehat, disarankan sebaiknya gunakan shampoo natural yang tidak mengandung SLS, Paraben, ataupun bahan-bahan kimia lainnya. Selain itu jika memiliki kebiasaan memegang rambut, menggaruk dan sering menyisir rambut, sebaiknya dikurangi sehingga tidak merangsang pembentukan minyak pada rambut.

Semoga tips kali ini bermanfaat dan selamat mencoba ^^
Ditunggu komen dan sarannya ~~

Post a Comment

Previous Post Next Post