Menghitamkan Kembali Uban Prematur

Halo Pembaca,

Tumbuhnya uban pada usia yang semakin menua merupakan hal yang normal. Tetapi jika uban yang tumbuh pada usia remaja atau muda, yang dinamakan uban prematur, merupakan sebuah masalah yang cukup mengganggu penampilan. Penyebab tumbuhnya uban prematur bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah faktor genetikal. Penyebab lainnya adalah stress, terlalu sering menggunakan pengering rambut, keramas menggunakan air panas, kekurangan zat besi, vitamin B, dll.

perawatan rambut beruban natural

Banyak pria dan wanita muda yang mempunyai uban prematur, hanya mewarnai rambut untuk menutupi uban, tetapi tidak mencari cara untuk mengatasinya secara alami. Dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa cara untuk mengatasi masalah uban prematur secara alami.


Kombinasi Lemon Jus dan Minyak Almond



perawatan rambut beruban natural

Lemon kaya akan vitamin B, C dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan rambut dan membantu mengatasi masalah uban prematur, karena dapat melindungi folikel rambut sehingga rambut tetap terlindungi dan kehitaman rambut tetap terjaga.
Minyak Almond dalam resep ini bekerja sebagai penutrisi rambut dan meningkatkan produksi melanin pada rambut sehingga warna hitam natural rambut tetap terjaga.

Unuk membuat masker ini cukup mudah, yang dibutuhkan hanya:
1 sendok teh jus lemon (air perasan lemon)
2 sendok teh minyak almond

Campurkan kedua bahan ini, lalu oleskan pada kulit kepala. Setelah dioles secara merata, pijat dengan lembut selama beberapa menit dan diamkan 1-2 jam. Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu untuk membuat rambut kembali hitam dan masalah rambut lain akan lebih cepat teratasi.


Kombinasi Lemon Jus dan Minyak Kelapa Murni



perawatan rambut beruban natural

Minyak kelapa mampu membantu melembabkan rambut, merangsang pertumbuhan rambut, dan menyehatkan rambut. Dengan mencampur minyak kelapa dengan jus lemon, dapat menjadi antioksidan yang mampu membantu mengatasi masalah uban prematur.

Seperti resep sebelumnya, masker ini juga mudah dan simple:
3 sendok teh lemon jus
50ml minyak kelapa murni (VCO)

Campurkan kedua bahan tersebut dalam mangkuk (pastikan cukup untuk seluruh rambut), lalu oleskan secara merata ke seluruh rambut. Pijat selama beberapa menit, lalu diamkan 1-2 jam dan gunakan shampoo untuk membersihkannya.
Lakukan perawatan ini selama 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Kombinasi Rosemary dan Daun Sage


perawatan rambut beruban natural

Perpaduan kedua tanaman herbal ini membantu menghitamkan rambut dan mempertahankan warna natural rambut. Tidak hanya itu saja, rosemary juga membantu menguatkan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.
Untuk membuat kombinasi ini dibutuhkan:
3 gr daun rosemary kering
3 gr daun sage kering
100gr air panas

Sedu daun rosemary dan daun sage kering dengan air panas. Gunakan untuk membilas rambut setelah keramas dengan shampoo. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini setiap 2 minggu sekali, supaya uban yang ada perlahan menghilang.


Kombinasi Jahe dan Minyak Jojoba


perawatan rambut beruban natural

Jahe diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, begitu juga untuk masalah uban prematur. Jahe mampu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, sehingga dapat merangsang pertumbuhan folikel rambut dan asam lemaknya dapat mengatasi masalah rambut kering dan rampuh.
Jojoba oil meningkatkan kelembaban rambut dan melindungi rambut agar lebih sehat dan kuat.

Cara membuatnya:
Parut jahe sebesar ibu jari
1 sendok makan minyak jojoba
Campurkan kedua bahan tersebut, lalu oleskan pada kulit kepala secara merata. Pijat selama beberapa menit, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam. Lakukan perawatan ini setidaknya 1x seminggu untuk mengurangi rambut beruban dan menebalkan rambut.

Post a Comment

Previous Post Next Post