Tips Menghilangkan Bayangan Hitam Pada Sikut dan Lutut

Halo Pembaca,

Mungkin ada beberapa dari kita yang memiliki masalah dengan kulit sikut atau lutut yang berwarna gelap, kering dan kasar. Ada beberapa penyebab yang utama yaitu:

- Kurangnya kandungan minyak pada kedua bagian tersebut, sehingga kulit mudah kering dan kasar
- Kedua bagian tersebut juga sering digunakan untuk menyangga sehingga mudah terkena kotoran dan lalai saat membersihkan.
- Menumpuknya sel kulit mati dan terpapar sinar matahari.




Jika dilihat dari penyebabnya memang agak sulit untuk dihindari, karena kita terkadang tidak sengaja untuk menyangga tubuh dengan lutut atau menggunakan sikut untuk menyangga kepala. Tetapi hal ini juga cukup mengganggu penampilan, karena itu untuk mengatasinya bisa dengan beberapa tips yang mudah dan alami berikut ini.

1. Oil Massage


perawatan natural alami kulit mencerahkan

Gunakan minyak nabati yang berkualitas baik untuk memijat bagian sikut dan lutut, karena kedua bagian ini cenderung kering dan membutuhkan pelembab yang benar-benar bekerja.

Caranya cukup mudah:

- Oleskan minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa, jojoba oil, minyak alpukat, dll pada sikut dan lutut.
- Pijat selama beberapa menit, lalu diamkan selama +- 15 menit.
- Gunakan kain handuk yang halus dan sudah dibasahi dengan air hangat lalu gosokkan pada sikut atau lutut untuk mengangkat kulit mati.
- Setelah itu bilas dengan sisa air hangat yang masih ada dan oleskan lagi sedikit minyak untuk menjaga kelembabannya.

Anda bisa mengoleskan minyak setiap hari seperti pelembab biasa. Tetapi penggunaan kain handuk untuk menggangkat kulit mati sebaiknya dilakukan 2x seminggu. Dengan rutin melakukan perawatan ini, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada sikut yang kering dan hitam, tanpa perlu membayar mahal.

2. Mint


perawatan natural alami kulit mencerahkan

Memanfaatkan daun mint untuk mencerahkan kembali sikut dan lutut Anda. Mint memiliki kandungan antiseptik dan anti peradangan. Selain itu mint juga dapat membantu mengikis kulit mati pada kulit dan menggantinya dengan sel kulit baru.
Selain itu dengan tambahan air perasan lemon yang sudah terkenal dapat mencerahkan kulit.

Yang perlu disiapkan adalah:
- Daun mint (Jika sulit didapat bisa menggunakan minyak esensial mint)
- Air perasan lemon 1/2 buah. Juga bisa diganti dengan minyak esensial lemon.
- 1/2 gelas air hangat
- kapas

Caranya:
- Sedu daun mint dengan air hangat lalu tambahkan air perasan lemon yang sudah disiapkan. Aduk rata.
- Rendam beberapa kapas dalam air tersebut lalu tempelkan kapas pada sikut atau lutut yang kering dan kusam.
- Diamkan hingga kapas mengering

Sisa campuran tersebut bisa disimpan dalam botol yang ditutup rapat dan masukkan dalam kulkas. Jika ingin digunakan lagi cukup hangatkan dengan cara rendam botol dalam air hangat selama 2-3 menit.
Jika menggunakan essential oil, tambahkan masing-masing sebanyak +- 3-4 tetes.
Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

3. Scrub Olive Oil dan Gula


perawatan natural alami kulit mencerahkan

Scrub ini cukup ampuh untuk memberikan kelembaban pada kulit bagian sikut dan lutut dan juga membantu mengikis kulit mati yang menumpuk pada kedua bagian tersebut. Selain itu scrub ini juga dapat digunakan untuk seluruh tubuh.

Cara membuat dan mengaplikasikannya juga cukup mudah:
- Campurkan minyak zaitun dan gula dengan jumlah yang sama dalam mangkuk. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan menjadi kental.
- Ambil secukupnya untuk dioleskan pada sikut atau lutut yang kering.
- Gosok selama 5-10 menit atau hingga butiran gula larut dalam minyak.
- Setelah itu bersihkan dengan sabun yang lembut dan bilas dengan air hangat.

Lakukan perawatan ini setiap hari pada minggu pertama pemakaian, lalu perlahan kurangi di minggu berikutnya. Jika kondisi kulit sudah menjadi lembut dan cerah, cukup lakukan 1x seminggu agar tetap terjaga.

4. Lemon dan Madu


perawatan natural alami kulit mencerahkan

Air perasan lemon adalah pencerah kulit natural yang sudah diakui oleh banyak kalangan dan tidak terkecuai untuk mencerahkan sikut atau lutut Anda yang gelap. Manfaat madu sebagai pelembab kulit dan rambut alami juga tentunya sudah tidak asing lagi.

Untuk itu tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kedua bahan alami ini untuk perawatan kulit sikut dan lutut kita.

- Siapkan perasan air dari 1 buah lemon dan 1 sendok makan madu.
- Aduk hingga merata lalu oleskan pada sikut dan lutut Anda. Atau jika kulit ketiak juga cenderung gelap akibat sering dicukur, gunakan juga campuran ini untuk mencerahkannya kembali.
- Diamkan selama 20-30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

Lakukan perawatan ini setiap hari pada minggu pertama pemakaian, lalu perlahan kurangi di minggu berikutnya. Jika kondisi kulit sudah menjadi lembut dan cerah, cukup lakukan 1x seminggu agar tetap terjaga.

Selain keempat tips ini, Anda juga bisa memanfaatkan masker pepaya atau kentang. Kedua bahan ini juga bermanfaat untuk mencerahkan dan menjaga kelembaban kulit.

Semoga tips kali ini bisa membantu dan bermanfaat ^^
Selamat mencoba ~

2 Comments

  1. thx tipsnya keren ^__^
    btw klo mau coba utk bagian ketiak paling aman pake ramuan yg mana ya Sis?

    ~Tetapi penggunaan kain handuk untuk menggangkat kulit mati sebaiknya dilakukan 2x seminggu. ~

    kain handuk itu = waslap kan Sis? wah... saya klo cuci muka suka lap pake waslap/kain handuk gitu juga. baru tau klo itu ternyata gak boleh sering2 ya....


    ReplyDelete
  2. Lemon dan madu bagus, banyak manfaatnya. Kalau pakai mint belum pernah saya coba. Dari semua bahan di atas mana yang paling bagus ya untuk menghilangkan bayangan hitam pada sikut dan lutut

    ReplyDelete
Previous Post Next Post