Transparant Soap (Hot Process)

By | 10:45 PM Leave a Comment
Halo Pembaca,

Kemarin saya mencoba membuat sabun transparant untuk pertama kalinya. Sabun transparant dibuat dengan menggunakan proses panas / hot process. Dalam proses ini kita harus menggunakan hot plate atau kompor listrik untuk memanaskan adonan sabun. Minyak untuk membuat sabun transparant sama seperti membuat sabun biasa, hanya saja penggunaan minyak castor menjadi lebih banyak, karena minyak castor dapat membuat sabun terlihat lebih bening.

Berikut bahan-bahan yang saya gunakan untuk membuat sabun transparant:
- Minyak kelapa
- Minyak sawit
- Minyak castor
- Air suling
- Soda api
- Alkohol atau Proplane Glycol
- Gliserin
- Gula putih (dilarutkan dalam air)
- Pewangi (optional)

Proses pembuatannya:
1. Panaskan minyak dan larutkan soda api dengan air suling. Setelah suhu keduanya mencapai 60 C, nyalakan kompor listrik dengan api kecil lalu masukan larutan soda api kedalam minyak, aduk dengan spatula atau sendok stainlessteel atau stick blander sampai hard trace.

2. Tutup panci dan masak adonan sabun hingga transparant, +- membutuhkan waktu 20 menit. Lalu masukkan alkohol sedikit demi sedikit (jangan langsung dituang semuanya karena akan bereaksi), berikut gliserin. Sewaktu menuangkan alkohol, suhu sabun tidak boleh lebih dari 80 C.

3. Hancurkan gumpalan sabun yang agak besar sambil aduk-aduk. Lalu tutup kembali panci dan periksa sesekali (setiap 15 -  20 menit) apakah gumpalan adonan sabun sudah seluruhnya mencair.

4. Setelah semuanya mencair, masukkan air gula, aduk-aduk hingga rata, matikan kompor listrik. Tunggu hingga suhu sabun mencapai 40 C, campurkan EO / FO sesuai keinginan, lalu tuang kedalam cetakan.

5. Sewaktu menuang adonan sabun, gunakan saringan agar film atau lapisan sabun tidak masuk kedalam cetakan.

6. Semprot gelembung udara pada permukaan sabun dengan alkohol.

7. Tunggu 24 jam atau masukkan dalam lemari es hingga sabun mengeras. Keluarkan dari cetakan lalu potong sabun.

Pembuatan sabun transparant dengan hot process agak lebih sulit dan memakan lebih banyak waktu dibandingkan dengan sabun cold process. Oleh sebab itu sabun transparant dengan hot process biasanya agak lebih mahal. Tetapi jika pembaca melihat sabun transparant dengan harga murah dan berwarna warni, biasanya itu adalah sabun dengan proses melt and pour yang proses pembuatannya sangat mudah dan cepat.

Silahkan disimak foto-fotonya :)

 
 


Ada yang bisa baca tulisan yang ada dibawah sabun?

 
 
 
 
Transparantnya agak gelap, mungkin karena gula yang saya pakai agak kuning, atau mungkin karena EO yang dipakai warnanya agak gelap?? jadi...begini deh hehehe...lain kali dicoba lagi dengan gula putih, mungkin bisa lebih terang sedikit haha...

Ditunggu komen dan sarannya ya... Semoga bermanfaat ^^

0 Comment:

Post a Comment